Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kesbangpol Kabupaten Bekasi Minta Camat & Kades Seriusi Soal Data Pendatang

0 170

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, meminta segenap Camat dan Kepala Desa (Kades) di wilayah setempat mendata ulang penduduk khususnya bagi pendatang.

Pasalnya disebutkan langkah pendataan penting untuk kemanan lantaran mewaspadai gerakan radikal kelompok teroris serta potensi konflik masyarakat.

“Untuk menjaga wilayah kita tetap kondusif, jangan sampai kecolongan lagi seperti kemarin di Tambun dan Cikarang Selatan,” kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih di Cikarang, Kamis, (31/5/2018).

Kata Kosasih meskipujn sudah disampaikan dalam sejumlah kesempatan para Camat dan Kade sudah harus mulai bergerak memonitoring bagi warga pendatang.

“Kita terus monitor perkembangan pendataannya. Intinya adalah agar kita dapat terus menjaga kondisi wilayah dan meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan masing-masing,” katanya.

Pihak Kesbangpol Kabupaten Bekasi menurutnya selain melakukan pendataan juga meminta agar Camat dan Kades mengoptimalkan peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di wilayahnya.

“Jadi jangan sampai nantinya masyarakat itu tidak peduli dengan lingkungannya sendiri, intinya itu,” ucap Kosasih menegaskan.

Sementara Kepala Satgas Nusantara Irjen Gatot Edy Pramono mengimbau masyarakat Kabupaten Bekasi supaya lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap orang baru yang datang atau mengontrak di lingkungan tempat tinggalnya.

Bersama Kesbangpol Kabupaten Bekasi menurut Irjen Gatot dan bersama pihaknya disebutkan bahwa wilayah ini memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, jadi mempunyai memiliki daya tarik pendatang.

“Dengan alasan itu diperlukan ekstra kewaspadaan sebagai upaya dini menanggulangi terorisme, radikalisme dan potensi gangguan Kamtibmas lainnya,” ucap Irjen Gatot.

Pasalnya, karena hal seperti ini bukan pekerjaan polisi sendiri melainkan pekerjaan secara bersama. Oleh karena itu kita mengimbau agar masyarakat ikut berperan aktif untuk menjaga wilayahnya dari potensi timbulnya gangguan-gangguan ini.

Bersama Kesbangpol Kabupaten Bekasi, Satgas Nusantara, unsur Polri dan TN serta peran serta masyarakat harus bahu membahu menjaga lingkungan agar aman dan nyaman.

“Upayanya dengan mengintensifkan kegiatan Siskamling dan melaporkan orang baru yang datang atau mengontrak ke Ketua RT/RW. Kemudian diteruskan ke Kades setempat, jika menemui orang-orang yang mencurigakan segera melakukan komunikasi dengan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Jadi kita harus bersama-sama sehingga warga harus proaktif juga dengan lingkungannya. Jangan terlalu cuek atau individualistis.

Gatot juga mengingatkan masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak benar atau hoax, maka itu harus selalu mengecek terlebih dahulu kebenaran informasi yang didapatnya.

Upaya yang dilakukan bersama Kesbangpol Kabupaten Bekasi dan pihaknya sangat penting sekali. Karena hoax sangat berbahaya apalagi menyangkut isu-isu yang sensitif seperti Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan karena bisa memecah belah bangsa.

“Kita harus mengklarifikasi terlebih dahulu informasi yang kita terima, jangan percaya begitu saja. Kita tabayun baru kita share tetapi kalau ragu ya jangan,” katanya.( ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...