Awal Juli, Planet Mars Bakal Mendekati Bumi

JAKARTA,PenaMerdeka – Saat awal bulan Juni sampai Agustus, apabila Anda melihat ke arah langit pada jam malam dipastikan bakal melihat bintang berwarna oranye-kemerahan. Tentunya banyak orang yang belum tahu bintang jenis ini. Faktanya, objek ini tidak lain planet Mars ‘tetangga’ Bumi.

Pada tahun ini, objek ini bakal hanya terlihat bagi mereka yang bangun sangat pagi. Itu hanya tidak terlalu terlihat. Namun untuk setiap harinya, objek planet ini bakal berada di posisi yang mulai mendekat ke Bumi.

Seperti mengutip dari Space, planet Mars bakal mengorbit dekat dengan Bumi dari pada orbit paling dekatnya pada tahun 2003 lalu.

Saat itu, orbit langit ini berada pada lokasi terdekat dengan Bumi dalam hampir 6000 tahun yang lalu. Pada tahun 2003, jarak Bumi dengan objek ini adalah 55,8 juta kilometer.

Hal ini disebabkan kejadian yang biasa dinamakan opposition. Opposition ialah event dua tahunan ataupun lebih yang membuat Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus dengan Bumi yang berada di tengah.

Kejadian ini seperti halnya bulan purnama. Saat berada di sisi berlawanan dari matahari, namun matahari akan menyinari objek oranye ini secara maksimal sampai membuatnya terlihat lima kali lebih terang.

Pada bulan 30 Juli nanti, jarak minimum Bumi dengan orbit langit ini menjadi 57,58 juta kilometer. Planet merah ini akan berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Sebagai perbandingan ini, rata-rata Bumi dengan orbit ini berjarak 225 juta kilometer. Sementara itu jarak terjauh dari Bumi adalah 401 juta kilometer.

Ketika dilihat mengenakan teleskop, ukuran planet Mars pada awal Juli ini mendatang akan sama dengan ukuran bulan saat diamati dengan mata telanjang. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah