Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Apel Siaga Lebaran, JK: Relawan PMI Harus Berikan Pelayanan ke Pemudik

0 195

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) memimpin Apel Siaga lebaran dan Pelepasan Tim Relawan PMI yang bakal bertugas saat lebaran. 

Apel yang digelar di halaman parkir utama Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018) JK menyampaikan terima kasihnya atas kesediaannya bertugas selama mudik dan balik 2018.

“Menjadi kebahagian yang tertinggi manusia adalah bertemu keluarga dan teman. Itu hasil penelitian, kenapa di semua negara ada momen-momen pertemuan kekeluargaan yang masing-masing membahagiakan,” cakap JK saat mimpin apel siaga lebaran.

Ia menjelaskan, Indonesia merupakan negara bermayoritas penduduknya beragama Islam. Sehingga momen hari raya Idul Fitri selalau dimanfaatkan masyarakat untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

“Akibat jumlah penduduk yang begitu besar, 260 juta. Jika mudik 20 persen saja, itu berarti yang bergerak dalam waktu seminggu dapat 50 juta orang,” paparnya.

Namun berdasarkan pengalaman mudik sebelumnya, hal yang seharusnya menjadi momen menggembirakan sering terjadi masalah, yaitu kemacetan dan kecelakaan. Jk berharap masalah-masalah seperti ini bisa berkurang saat mudik tahun ini.

“Tugas anda (relawan PMI) adalah membahagiakan orang, masyarakat, menghindari kesulitan yang akan timbul. Kita punya pengalaman tiga tahun lalu sulitnya menembus rumah masing-masing (karena kemacetan),” sambung dia.

Dalam pelepasan itu, diikuti 80 kru ambulans PMI, 120 Relawan PMI, 20 ambulans PMI dan Kementerian Perhubungan serta 200 perwakilan taruna/taruni Sekolah Tinggi di lingkup Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Ketua Panitia Apel Siaga Lebaran Markas Pusat PMI, Farid Husain mengatakan, PMI menyiapkan 586 titik Pos Pertolongan Pertama, 393 ambulans dan 8.422 relawan. Di dalamnya termasuk dokter dan paramedis yang mampu memberikan pertolongan pertama.

Seluruh personel itu akan bertugas mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri di Pos PP PMI. Pos tersebut berlokasi di tempat-tempat keramaian sepanjang pantura, terminal, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata.

Agar dapat memberikan akses pertolongan lebih cepat di wilayah yang sulit dijangkau, PMI memobilisasi layanan pertolongan pertama bergerak (mobile) dengan menggunakan sepeda dan motor.

“PMI juga menempatkan pos PP di enam titik ruas tol yang baru dibuka di Jawa dan Sumatera. Serta menempatkan pos-pos di sejumlah masjid, bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk memaksimalkan pelayanan bagi pemudik,” pungkas Farid saat apel siaga lebaran. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...