Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Cyber Crime Tangkap Penyebar Issu Selingkuh Bupati Pandeglang & Mentan

BANTEN,PenaMerdeka – AM alias Immawan (24) terduga pelaku penyebar berita hoax berhasil dibekuk tim Cyber Crime Polda Metro Jaya (PMJ).

Diketahui, baru-baru ini AM memposting informasi tentang hubungan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati, yang sempat viral di media sosial (medsos).

Irjen Idham Aziz, Kapolda Metro Jaya mengatakan, saat berita itu beredar, Mentan Andi Amran langsung melapor ke Polda Metro Jaya dengan Laporan Polisi No. 3175/VI/2018/PMJ/Ditreskrimsus tgl 10 Juni 2018, dan pada hari yang sama Tim Cyber Crime bergerak cepat menuju lokasi pelaku.

“Dari hasil investigasi tim melacak percakapan WhatsApp yang diunggah tentang Mentan Andi Amran dan Bupati Pandeglang Irna Narulita, tidak ada komunikasi antar keduanya,” terang Idham, Selasa (12/6/2018).

Dengan demikian, lanjut Idham, semua informasi dan gambar-gambar yang diedarkan oleh tersangka adalah hasil karangan sendiri.

“Tersangka telah mengakuinya. Adapun motif pelaku hingga kini masih diselidiki oleh pihak kepolisian,” jelasnya.

Sementara Hendri Satrio, Pengamat Politik Universitas Paramadina mengatakan, adanya pengakuan tersangka kepada Tim Cyber crime Polda yang sebelumnya memberitakan soal berita perselingkuhan kini dianggap fitnah.

Maka, ia menduga tersangka hanya diperalat oleh kelompok kartel serta kelompok mafia pangan yang sengaja membuat berita hoax, mengingat tersangka masih sangat muda.

“Serangan terhadap pribadi Menteri Andi Amran ini sangat terkait dengan upaya bersih-bersih koruptor dan sikat habis mafia dan Kartel Pangan yang gencar dilakukan Mentan,” terang Hendri. (amri/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan