Resmi, Hasil Sidang Isbat Umumkan Lebaran Idul Fitri, Besok!

JAKARTA,PenaMerdeka – Secara resmi pemerintah pusat melalui Kementrian Agama mengumumkan Lebaran Idul Fitri 1439 H atau 2018 M ditetapkan akan jatuh pada Jumat 15 Juni 2018 besok.

Pengumuman Lebaran Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan pada Kamis (14/6/2018) petang tersebut setelah melalui serangkaian proses sidang Isbat.

“Seluruh peserta sidang isbat bersepakat, dengan mendengarkan pertimbangan MUI, sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018. Artinya Lebaran Idul Fitri bisa dilaksanakan umat muslim esok hari,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (14/6/2018) sore.
Menurut Menag, setidaknya ada enam petugas yang menyatakan telah melihat hilal. Empat di antaranya berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan dua lainnya berada di Gresik, Jawa Timur.

Rangkaian untuk menentukan Lebaran Idul Fitri pada sidang isbat diawali pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1438 Hijriah.

Seperti diketahui, proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah.

Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Sejumlah perwakilan ormas turut hadir dalam sidang isbat menentukan jatuhnya Lebaran Idul Fitri di antaranya perwakilan dari Muhammadiyah dan PBNU, Ketum MUI KH Ma’ruf Amin, imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, serta Ustaz Zaitun Rasmin. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah