Panitia PPDB Banten Perpanjang Pendaftaran Hingga 30 Juni 2018

BANTEN,PenaMerdeka – Panitia PPDB Online SMA/SMK Negeri Provinsi Banten dipastikan memperpanjang masa pendfataran siswa tahun ajaran baru tahun 2018.

Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Banten dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Joko Waluyo mengatakan, pihaknya akan memperpanjang masa waktu proses penerimaan selama 3 (tiga) hari.

Disebutkan sebelumnya, pihak panitia PPDB online menutup proses pendafataran pada Rabu 27 Juni 2018 (kemarin, red) tetapi sekarang diperpanjang hingga hari Sabtu 30 Juni 2018 mendatang.

Joko juga mengatakan, penambahan waktu ini dikarenakan banyaknya permohonan calon orang tua yang meminta pihaknya supaya memperpanjang masa PPDB 2018.

Sebab kata Joko, pada masa waktu proses PPDB sebelumnya terdapat beberapa hari libur. Sehingga kesempatan calon siswa untuk mendaftar berkurang.

“Seperti hari ini (kemarin, red) contohnya, di sejumlah wilayah ada yang sedang menyelenggarakan Pilkada, mereka harus datang ke TPS,” ujar Joko.

Ditambahkannya lagi, bahwa sebelumnya Panitia PPDB online SMA/SMK sudah melayangkan nota dinas kepada Gubernur Banten untuk mendapatkan persetujuan. Dan Joko mengaku Gubernur Banten menyetujui supaya proses PPDB online diperpanjang.

“Pak Gubernur berpesan kepada panitia agar kesempatan penambahan waktu ditunjang peningkatan pelayanan yang lebih baik,” ucapnya.

Joko mengatakan, memang gubernur juga menyampaikan jangan ada lagi soal kendala aplikasi, jaringan atau hal teknis lainnya. Masyarakat harus mendapat kesempatan sama.

“Mau yang miskin atau yang kaya punya kesempatan yang sama selama nilai akademisnya baik,” ucapnya.

Sejumlah persoalan lain menurut Joko memang menjadi pertimbangan pihak Panitia PPDB SMA/SMK. Contohnya terkait animo masyarakat. Selain itu banyak juga calon peserta didik baru tidak masuk dalam passing grade sekolah tujuan yang pertama.

“Setidaknya dengan penambahan waktu ini, para calon siswa ataupun orang tuanya dapat mendiskusikan terlebih dahulu sebelum memilih alternatif ke dua sekolah yang akan ditujunya”, pungkas Joko.

Informasi yang berhasil dihimpun, masa waktu PPDB online 2018 Banten yang berakhir hingga 30 Juni 2018, namun pada proses pengumuman akan dilaksanakan pada 2 Juli 2018. Disebutkan panitia PPDB online kalau pada proses awal pelaksanaan penerimaan hingga akhir akan terus diawasi oleh Inspektorat Provinsi Banten. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan