Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tahukah Anda Soal Negara Mikronesia, Jokowi: Presidennya Keturunan Maluku

0 860

BOGOR,PenaMerdeka – Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui Negara Mikronesia. Berada di Samudra Pasifik. Dan terdiri dari empat Negara bagian dari barat ke timur, yaitu Yap , Chuuk, Pohnpei dan Kosraeyang.

Negara Federasi Mikronesia terletak sebelah timur laut dari Pulau Papua, selatan Guam dan Kepulauan Mariana, barat Nauru dan Kepulauan Marshall , sebelah timur dari Palau dan Filipina, 2.900 km (1.802 mi) sebelah utara dari timur Australia dan 4.000 km (2.485 mi) barat daya dari pulau Hawaii.

Tetapi yang tak diduga bahwa Presiden Negara Mikronesia masih berdarah Indonesia. Dia adalah Peter M. Christian. Negara yang termasuk dalam kawasan Oceania dengan ibu kota Negara Palikir memiliki bahasa Inggris dan mempunyai mata uang dolar.

Saat bertandang ke Indonesia dan langsung diterima Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers bersama di Istana Presiden Bogor, Rabu (18/7/2018), mantan walikota Solo itu menyebut bahwa Peter M. Christian masih mempunyai keturunan Maluku.

“Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia,” ujar Jokowi.

Bahkan, Jokowi menginformasikan Christian akan bertolak mengunjungi Maluku. Kemudian kata Presiden Jokowi, ini membuktikan bahwa Indonesia dan Negara Mikronesia memiliki ikatan antar masyarakat sejak puluhan, bahkan ratusan tahun lalu.

“Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia ini pun menjadi tonggak baru hubungan kedua negara, sebuah hubungan yang sangat saling menghormati dan saling menguntungkan,” ujar Jokowi.

Christian sendiri dalam kesempatan selanjutnya mengakui, selepas kunjungannya ke Istana Presiden Bogor, ia memang akan berkunjung ke kampung halaman buyutnya.

“Saya juga mempertimbangkan menambah acara ziarah ke tempat garis keturunan keluarga saya di dalam kunjungan resmi saya ini,” ucapnya.

Ia pun lantas mengucapkan terimakasih kepada Jokowi. Jadi karena kunjungannya ke Indonesia dia dapat mengunjungi Maluku.

“Terima kasih Pak Jokowi karena sudah membuat saya bisa mengunjungi Ambon,” ujar kepala Negara Mikronesia kelahiran 16 Oktober 1947 itu. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...