Lezatnya Santap Siang Dengan Iga Penyet Sambal Terasi

JAKARTA,PenaMerdeka – Untuk Anda pecinta pedas dan suka dengan menu olahan sambal, Anda dapat membuat Iga Penyet Sambal Terasi sebagai santap siang. Aroma terasi yang khas bisa membangkitkan selera bersantap Anda bersama keluarga.

Ditambah lagi rasa sambal yang pedas, membuat Anda tidak ingin berhenti menikmati santapan yang satu ini.

Jangan lupa santap bersama nasi putih yang hangat supaya menu ini semakin spesial. Proses pembuatannya pun tidak lama, yaitu 45 menit. Penasaran? Yuk intip resep iga penyet yang sudah disiapkan oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

Bahan-bahan:

1 kg iga sapi
5 lembar daun jeruk
5 cm jahe
2 lembar daun salam
100 ml kecap manis
1 1/2 liter air
2 sdm minyak goreng

Bahan yang dihaluskan:

7 siung bawang putih
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt jintan, sangrai
2 sdt garam
1 sdt merica

Bahan sambal terasi matang:

15 buah cabai merah besar
20 buah cabai rawit
6 siung bawang merah
1 sdm terasi matang
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
Minyak untuk menumis

Bahan pelengkap:

Lalap sayuran
Jeruk limau

Proses pembuatan Iga penyet sambal terasi:

Pertama-tama, Anda panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan daun jeruk, jahe yang dimemarkan dan daun salam sampai keluar aroma harum.

Masukkan potongan bahan, kecap manis, aduk-aduk sampai tercampur merata. Tambahkan air, lalu masak hingga iga lunak setelah itu angkat.

Kedua, goreng cabai merah besar, cabai rawit dan bawang merah sampai layu. Angkat. Haluskan bersama terasi matang, garam dan juga gula pasir. Panggang potongan di atas bara api atau goreng hingga berwarna kecokelatan. Angkat.

Terakhir, siapkan cobek atau pinggan. Tata sambal terasi yang matang, tempatkan potongan bahan utama yang sudah sudah digoreng di atasnya. Penyet. Iga penyet sambal terasi siap disantap bersama keluarga Anda untuk menu makan siang. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments