Kini, Pengunjung Monas Dapat Nikmati 100 Sepeda Gratis Berbasis Aplikasi

0 432

JAKARTA,PenaMerdeka – Kini, pengunjung (Monas) Monumen Nasional dapat menikmati 100 sepeda gratis berbasis aplikasi yaitu Bike Sharing.

Bike Sharing adalah kendaraan goes yang dilengkapi berbagai fitur termasuk GPS, alarm, dan juga gembok otomatis. Cara pemakaiannya hanya cukup men-scan barcode melalui aplikasi GOWES. Uji coba ini gratis ini selama tiga bulan.

Pengunjung Monas bisa menikmati sepeda berwarna ungu berkombinasi kuning dengan bebas. Pengadaan ini Pemprov DKI melalui Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional serta Unit Pengelola Jakarta Smart City berkolaborasi dengan GOWES selaku operator Bike Sharing.

Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta mengatakan, Bike Sharing adalah program layanan supaya masyarakat gemar berolahraga dengan bersepeda sekaligus menciptakan kualitas udara di Jakarta.

“Kualitas udara di DKI Jakarta banyak yang menyoroti. Dengan adanya gerakan ini, dari privat sektor dan pemerintah menguji-coba. Kita ingin masyarakat hidup sehat, terkoneksi transportasi publik, serta perbaikan kualitas udara,” terang Sandiaga di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Sandi menambahkan, terobosan ini pula untuk mendukung Asian Games. Pasalnya, sepeda juga dapat digunakan oleh wisatawan. Kedepannya, Bike Sharing juga bakal terkoneksi dengan Transjakarta, MRT serta LRT.

“Selain untuk pengunjung Monas, Kita bakal mencoba di beberapa lokasi lain. Salah satu yang menarik ini ada solar panel-nya dan ini bagian dari smart environment. Hal ini juga bagian dari Jakarta Smart City yakni smart healt, smart tourism, serta smart mobility,” pungkasnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE