Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kasus Suap Proyek PLTU Riau-1, KPK Sebut Mensos & Dirut PLN Sering Ketemu

0 170

JAKARTA,PenaMerdeka – Berbekal hasil rekaman CCTV yang disita penyidik dari tempat penggeledahan dibeberapa lokasi, KPK menduga ada keterlibatan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Selain itu, Jubir KPK Febri Diansyah juga mengakui ada sejumlah pertemuan yang dilakukan Idrus dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir dan para tersangka, Eni Maulani Saragih dan Johannes B Kotjo.

Kendati demikian, Febri belum bisa mengungkapkan apa kaitannya Idrus dan Sofyan dalam pertemuan-pertemuan dengan kedua tersangka suap proyek PLTU Riau-1.

“Dari bukti-bukti yang ditemukan, memang ada beberapa pertemuan yang teridentifikasi dan perlu klarifikasi pada pihak-pihak yang bersangkutan,” terang Febri, di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (2/8/2018) lalu.

Febri menegaskan, pemeriksaan akan tetap dilakukan terhadap keduanya terkait kasus suap tersebut.

“Idrus Marhan sudah dilakukan pemeriksaan dua kali. Untuk Sofyan Basir masih dilakukan pemeriksaan satu kali karena kemarin tidak hadir dan menyampaikan surat. Pasti nanti tentu kita jadwalkan ulang, kita panggil lagi sebagai saksi,” jelasnya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih sebagai tersangka kasus suap terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau.

Eni diduga menerima suap sebesar Rp 500 juta yang merupakan bagian dari commitment fee 2,5 persen dari nilai proyek kontrak kerja sama tersebut. Dengan total nilai suap yang diberikan Johannes kepada Eni sebesar Rp 4,8 miliar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...