Wapres JK: Ada 3 Kesuksesan Indonesia di Pelaksanaan Asian Games 2018

68

JAKARTA,PenaMerdeka – Ada tiga capaian dalam pelaksanaan Asian Games 2018. Diantaranya terkait sarana dan prasarana, penyelenggaraan serta prestasi.

“Kita semua telah berhasil mewujudkan Asian Games yang ke 18 ini dengan meraih tiga sukses, dari sisi sarana dan prasarana, dari sisi penyelenggaraan, dan dari sisi prestasi. Saya ucapkan selamat,” kata Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, dalam sambutan Upacara Penutupan Asian Games 2018, di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam.

Kata pria yang kerap disapa JK ini bahwa pelaksanaan Asian Games terutama hal sarana dan prasarana, Pemerintah Indonesia berhasil menggenjot pembangunan arena pertandingan dan juga jalur transportasi kereta api ringan (light rail transit) di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

Sementara jika dilihat dari sisi prestasi, JK menyebut untuk pertama kalinya Indonesia mencetak sejarah dengan prestasi tertinggi dan berada di urutan empat besar sejak pelaksanaan Asian Games pertama di India 1951.

“Dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 di Incheon Korea Selatan dan memperoleh hanya empat keping medali emas, Korea Selatan; naik ke peringkat empat dengan 31 medali emas di Jakarta kali ini,” kata Ketua Dewan Pengarah Inasgoc tersebut.

Pelaksanaan Asian Games ini kontingen Indonesia berhasil mencapai target setelah China, Jepang, dan Korea Selatan.

Atlet nasional Indonesia berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Dalam Upacara Penutupan Asian Games ke-18 mendampingi Wapres antara lain Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Presiden Dewan Olimpiade Asia Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Kontingen Indonesia Syafruddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Sementara untuk acara penutupan hari terakhir pelaksanaan Asian Games Presiden Jokowi tidak sempat hadir di SUGBK karena sedang memantau penanganan gemba bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...