Koperasi BUM Gandeng BLK Lembang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

130

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Tidak banyak orang mengenal sosok Umarulloh, setelah puluhan tahun meninggalkan kampung halaman untuk berbagi pengalaman dibidang budidaya ikan lele.

Namun, namanya mulai dikenal setelah ia dipercaya menjadi ketua koperasi Bangkit Usaha Mandiri (BUM) yang mayoritas profesinya dibidang budidaya tersebut.

Diakui Umarulloh, koperasi yang dipimpin belum maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Namun kebijakan fenomenal yang ia terapkan terus digelorakan dalam semangat kemandirian seperti untuk budidaya ikan lele.

“Kami menyadari, selama ini koperasi belum maksimal terutama mengatasi permasalahn soal pakan, tetap kami terus berupaya menjalin kemitraan dengan pemerintah maupun pihak lain dengan prinsip kemandirian demi memenuhi kebutuhan,“ terang Umar kepada PenaMerdeka.com, Kamis (6/9/2018).

Kali ini Umarrulloh, mengajak masyarakat untuk ikut pelatihan untuk memulai usaha di bidang itu dalam sistim bioflok yang difasilitasi oleh Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, yang digelar di kelurahan Jurang Mangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangel)

“Pelatihan dilaksanakan selama 20 hari dan diikuti 16 peserta dengan metode mobile traning unit (MTU) dan tidak dipungut biaya, bahkan diberikan uang saku. Tujuannya, untuk mengentaskan pengangguran dan meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia,” cakapnya.

Umar menuturkan, salah satu jenis usaha di bidang budidaya ikan lele ini diminati lantaran dalam hal teknik relatif mudah serta permodalan yang tidak terlalu besar. Hingga saat ini kebutuhan di Tangsel masih dipasok dari di daerah lain.

“Untuk menyiapkan tentu dibutuhkan berbagai bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Baik dalam analisis usaha, permodalan, produksi hingga pemasaran. Salah satu upaya adalah dengan mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan,” tutur Umar.

Sementara itu, Niccholas Pelupessy, Kasie Penyelenggara dan Pemberdayaan BLK Lembang menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan program nasional Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan BLK Lembang.

Kegiatan itu tujuannya untuk mengentaskan pengangguran dan meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia.

“Melalui PBK diharapkan mampu mempersiapkan tenaga kerja yang terampil yang membuka lapangan pekerjaan dan usaha secara mandiri seperti budidaya ikan lele ini. Sistem pelatihan ini mengajarkan tak hanya materi-materi, akan tetapi mengindentifikasi tingkat kompetisi sesuai kebutuhan,” tambah Nicko. (abah)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...