Ini Batasan Konsumsi Gula Untuk Cegah Masalah Kesahatan

24

JAKARTA,PenaMerdeka – Rasanya yang manis membuat gula memang disukai banyak orang termasuk pula anak-anak. Meski lezat, bukan berarti boleh konsumsi gula secara sembarangan atau dikonsumsi berlebihan.

Pasalnya, apabila secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari gigi berlubang hingga dengan diabetes.

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan soal konsumsi gula, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bahwa asupan dari semua sumber makanan dan minuman yang kita konsumsi tak melebihi 50 gram per hari untuk dewasa dan 30 gram per hari untuk anak-anak. Hal ini berartin kurang dari 10% dari total asupan energi.

“Menurut WHO ada batasannya. Untuk dewasa 50 gram per hari setara dengan 4 sendok makan. Anak kecil, 30 gram per hari sama dengan 6 sendok teh per hari,” terang dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK selaku Spesialis Gizi Klinik saat acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018.

Sayangnya, data pada Survey Konsumsi Makanan Individu (SKMI) Indonesia tahun 2014 menyatakan bahwa masyarakat Indonesia mengonsumsi gula harian sebanyak 29,7%.

Ini artinya masyarakat Indonesia mengonsumsi gula harian melebihi batas rekomendasi tersebut.

“Faktanya hampir 30% dari masyrakat Indonesia lebih dari batas tadi. Mereka mikir sehat jadi konsumsi gula berlebihan atau kebiasaan. Pagi, bangun, minum teh manis. Ini menurut SKMI 2014 dan makin meningkat,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...