Dishub DKI Siap Bantu Polisi Uji Coba Tilang Elektronik

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta siap membantu kepolisian menguji coba tilang elektronik atau Elektronik Tilang Low Enforcment (ETLE). Namun, DKI meminta polisi bersedia menyerahkan database kendaraan yang ada di Ibu Kota.

Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan, pelaksanaan ETLE sepenuhnya menjadi kewenangan polisi sebagai penegak hukum.

DKI hanya diminta untuk mempersiapkan aset yang dimiliki agar digunakan kepolisian dalam pelaksanaan tilang elektronik itu. Di antaranya fasilitas camera closed television (CCTV) serta rambu-rambu lalu lintas.

“Pada prinsipnya kami tidak masalah kalau CCTV mau dipakai. Namun kami harap polisi memberikan database kendaraan ke kami. Sebab, salah satu kendala pelaksanaan jalan berbayar database kendaraan,” terang Andri.

Ia menjelaskan, dalam Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Polda Metro Jaya beberapa hari lalu, Dirlantas menyatakan bakal terlebih dahulu menyusun pelaksanaan uji coba ETLE.

Seperti titik dimana saja yang harus dipasang CCTV dan ruas jalan mana yang bakal diberlakukan ETLE.

Saat ini, pihaknya baru mulai dengan memasang 14 CCTV suara. Dari sekitar 300 titik persimpangan, baru ada sekitar 78 titik CCTV yang terkoneksi dengan NTMC Polda Metro Jaya.

“Kami siap membangun infrastruktur. Tapi kewenangan ETLE kan ada di kepolisian. Kami harap dengan adanya CCTV suara polisi bisa segera memanfaatkan untuk ETLE. Karena biar bagaimana harus ada efek jera,” pungkas Andri.

Seperti diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya menyatakan bakal menyiapkan empat kamera canggih untuk pelaksanaan uji coba tilang elektronik yang direncanakan pada Oktober mendatang. Akurasi dari kamera ini diklaim tinggi, yaitu hingga 90% sehingga tak akan terjadi salah tangkap. (deden/uki)

Disarankan