Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

DLH Bekasi Bakal Pajang Foto Warga Pembuang Sampah Sembarangan

47

BEKASI,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi bakal pajang foto warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pinggir jalan ataun di lahan yang menjadi Tempat Pembuamgan Sampah (TPS) liar.

Sugiono, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekas mengatakan, hal itu sudah sejak lama dilakukan di Kota Bekasi.

Penerapan pajang foto itu pernah dilakukan di Underpass Irigasi Bekasi Timur, perempatan RS Bella Bekasi Timur, disekitar depan Kecamatan Jakasampurna, Pondok Gede ataupun beberapa UPTD lainnya.

“Sudah lama kita lakukan, sebelum daerah lain yang sudah gembar-gembor. Hal sepeeti ini cukup efektif. Nantinya akan kita terapkan lagi,” terang Sugiano.

Selain itu, langkah atau tindakan lainnya yang dilakukan seperti Operasi Tangkap Tangan (OTT) serta sosialisasi kepada masyarakat. Tumpukan sampah terjadi lantaran lahan kosong yang tak terurus dan kurang pengawasan.

“Kan kebanyakan tumpukan sampah adanya di jalan perumahan. Biasanya pengendara motor yang melintas bukan warga sekitar saja. Harusnya warga setempat melakukan pengawasan seperti itu. Kita nantinya akan gencarkan OTT ini lagi,” cakapnya.

Sugiono menambahkan, keberadaan TPS liar menjadi permasalah utama di Kota Bekasi. Selain menggangu keindahan, hal ini juga menggangu kesehatan. Namun, TPS liar semakin berkurang keberadaan usai dilakukan penutupan.

“Hal ini dari 120 sudah 88 ditutup, dari segi pencemaran lingkungan itu menjadi berkurang. Sekarang akan kita tingkatkan kepatuhan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan pajang foto bagi yang buang sampah sembarangan,” pungkasnya. (eres/ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...