Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Musim Hujan, Tujuh Kecamatan di Kabupaten Bekasi Rawan Banjir

64

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Musim hujan, tercatat 7 dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, rawan banjir. Hal itu dikatakan langsung oleh Iman Nugraha, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi.

Tujuh kecamatan itu kerap terendam banjir lantaran luapan air Kali Citarum yaitu Kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Timur, Muaragembong, Cabangbungin, Tarumajaya, Pebayuran, dan Babelan.

“Kali Citarum itu kan kalinya besar. Jadi debit airnya banyak apalagi musim hujan. Sedimentasinya banyak, airnya jadi ke pemukiman warga sekitarnya, makanya rawan banjir,” terang Iman.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah menganggarkan Rp30 miliar pada APBD 2018 untuk mengantisipasi banjir di Kabupaten Bekasi. Anggaran itu nantinya akan dipergunakan normalisasi di 64 titik saluran air, antara lain Kali Cikarang serta Kali Bekasi.

“Pengerjaan normalisasi sudah berjalan sejak awal September 2018 dan diperkirakan rampung pada akhir November 2018 ini,” cakapnya.

Selain menormalisasi sungai, pihaknya juga bakal merevitalisasi tanggul-tanggul sungai dan kali jelang datangnya musim penghujan. Perbaikan itu bakal dilakukan di Kali Citarum dan pembuatan tanggul di Kali CBL (Cikarang, Bekasi, Laut).

Normalisasi dan perbaikan tanggul di sungai-sungai Kabupaten Bekasi dilakukan agar meminimalisir ketinggian air lantaran rawan banjir yang biasanya mencapai satu meter. (eres/ewwy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...