Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dua Bacaleg Kota Tangerang Terlempar di Penetapan DCT Pileg 2019

130

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – KPU Kota Tangerang melakukan penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Pada penetapan yang dihadiri Ketua Bawaslu Kota Tangerang dan perwakilan dari Parpol tersebut, sebanyak 648 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ditetapkan sebagai Calon tetap untuk bertarung di Pileg 2019 nanti.

Banani Bahrul, Divisi Teknis KPU Kota Tangerang mengatakan, penetapan DCT untuk Pileg 2019 melalui beberapa tahapan. Dimulai dari proses pengajuan awal yang semula berjumlah 659 pendaftar, setelah dilakukan verifikasi administrasi, diperoleh 650 Bacaleg yang memenuhi syarat dan masuk ke Daftar Calon Sementara (DCS).

“Setelah ditetapkan DCS ada dua orang Bacaleg yang di coret untuk masuk ke DCT.  Pertama Bacaleg dari PPP bernama Anwar nomor urut 7 dari Dapil 4, yang kedua dari PDIP atas nama Ir. Kristanto nomor urut 11 dari dapil 4. Oleh karena itu kami menetapkan 648 yang masuk DCT,” terang Banani usai penetapan DCT di Kantor KPU Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati No.16, Sukarasa, Tangerang, Kamis (20/9/2018).

Banani mengungkapkan, menurut PKPU Nomor 20 tahun 2018, untuk Bacaleg yang meninggal dunia bisa dicari penggantinya. Namun, setelah KPU mengirimkan surat kepada  Parpol untuk mencari pengganti dari Bacaleg yang meninggal, pihak Parpol pengusung tidak mengajukan penggantian.

“Pada tahapan masa penggantian bisa mengajukan pengganti dari mendiang Anwar sampai tanggal 3 September. Tetapi dari pihak Parpol tidak mengajukannya. Dari hal tersebut, KPU menyesuaikan nomor urut, yang semula nomor 8, menjadi nomor urut 7,” ungkapnya.

Sedangkan, Banani menegaskan, untuk Bacaleg PDIP yang mengundurkan diri dari pencalonan, pihak Parpol tidak bisa mengajukan penggantinya. Berbeda hal ketika pengunduran diri dilakukan oleh Bacaleg Perempuan, karena hal tersebut sudah tercantum juga dalam PKPU Nomor 20 tahun 2018.

“Apabila pengunduran diri dilakukan oleh Bacaleg Perempuan, Parpol masih bisa mengajukan penggantian. Itupun, diperbolehkan apabila pengunduran diri seorang Bacaleg perempuan tersebut, mempengaruhi 30 persen dari keterwakilan perempuan,” tegasnya.

Banani menuturkan, pada penetapan DCT ini pihak Parpol tidak melakukan sanggahan. Ia menjelaskan, sebelum DCT ditetapkan, KPU Kota Tangerang telah mengajukan rancangan DCT pada seluruh Parpol yang turut serta dalam Pileg 2019.

“Pada tanggal 19 September kami sudah mengajukan rancangan DCT kepada semua Parpol dan tidak ada sanggahan, karena mekanismenya sudah jelas, bahwa KPU melakukan semua juknis yg menjadi pedoman kerja KPU kota dengan melakukan apa yg diatur PKPU Nomor 20 tahun 2018,” ucapnya.

Jadi tandas Banai, tidak ada sanggahan, karena Parpol juga berpedoman dengan peraturan yg sama. Dan parpol pun tau, KPU kota hanya melaksanakan regulasi baik peraturan perundang2an, maupun kebijakan KPU RI serta arahan dari KPU provinsi. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...