Pilgub Banten, Besok Gerindra PKS ‘Teken’ Koalisi

Kendati perhelatan Pilgub Banten 2017 masih beberapa bulan lagi, tetapi sejumlah partai sudah ‘meneken’ arah koalisi pemenangan gubernur dan wakilnya.

Partai Gerindra dan PKS pada Rabu (13/4/2016) rencananya melakukan arah koalisi. Hal tersebut dibenarkan Turidi Susanto, Ketua Bapilu Gerindra Kota Tangerang. “Iya Rabu besok kita akan lakukan koalisi dengan PKS di Hotel Ledian, Serang, Banten,” ucapnya kepada Pena Merdeka, Selasa (12/4) malam.

Seperti diketahui, H. Budi Heryadi, Ketua DPW Partai Gerindra salahsatu calon Gubernur yang akan meramaikan bursa dalam Pilkada Banten 2017. Partai Gerindra dalam Pilkada kali ini berusaha mendorong kader internal sebagai kandidat.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, HM Sukira menanggapi koalisi Gerindra dan PKS mengaku bahwa setiap partai mempunyai hak mengatur arah koalisi dalam Pilgub 2017 mendatang.

“Tentu saya sambut rekan-rekan Gerindra dan PKS yang sudah sepakat koalisi.”

Terkait PDIP sendiri kata Sukira tinggal tergantung bagaimana keputusan DPP. Namun jika melihat jumlah kursi yang dimiliki PDIP sebanyak15 kursi, maka PDIP tinggal membutuhkan 2 kursi lagi untuk mendapat tiket mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Lebih dalam Sukira menyatakan, bisa jadi arah koalisi seperti yang terjadi di tingkat pusat. Artinya tidak menutup kemungkinan PDIP akan berkoalisi dengan Nasdem, PKB, PPP dan lainnya. Termasuk juga dengan Golkar, ucapnya.

Soal kesiapan menjelang Pilgub Banten Sukira mengatakan, PDIP sedang melakukan upaya penjaringan calon gubernur dan wakil gubernur. Sukira mengatakan, sejumlah kandidat yang mendaftar di PDIP akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPP.

Yakni Andika Hazrumy, Tubagus Haerul Jaman, Ahmad Taufik Nuriman, Mulyadi Jayabaya, dan Eden Gunawan.

“Untuk Pak Rano karena petahana, sudah terlebih dahulu diuji kelayakan dan kepatutan di DPP,” ucapnya. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah