Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Begini Kronologi Anak Penderita Tumor Warga Pandeglang Hingga Dapat Pertolongan Operasi

146

BANTEN,PenaMerdeka –  Beberapa hari ke depan, Saroh seorang anak asal warga Desa Rancaseneng, Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, penderita tumor di bagian bokong akan segera dilakukan tindakan operasi.

“Insya Allah ibu Saroh yang menderita tumor akan dioperasi,” kata M Yusuf Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kepada wartawan di Kota Serang, Sabtu (6/10/2018).

Mantan Pjs Walikota Tangerang ini mengatakan, tindakan operasi kepada Saroh penderita tumor dilakukan pada Selasa tanggal 9 Oktober 2018 mendatang.

Penanganan keluhan pasien Saroh dilakukan sudah secara terkoordinasi dari semua pihak yang bersangkutan. Diantaranya dengan bidan desa, kepala desa, pihak Kecamatan Cikeusik, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Pemerintah Provinsi Banten.

Awal cerita penanganan kasus penderita tumor kata Yusuf bahwa tanggal 31 Agustus 2018 lalu, bidan Desa Rancasenang memberikan pemahaman kepada keluarga Saroh supaya diobati secara insentif di rumah sakit.

“Upaya pendekatan berhasil, selanjutnya Saroh di bawa ke RSUD Berkah Pandeglang. Di RSUD Berkah Pandeglang, dilakukan berbagai pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya, Tim Dinas Kesehatan Provinsi Banten jemput bola,” ucapnya.

Lalu tanggal 3 September 2018 tim Dinkes Banten bertolak ke RSUD Berkah Pandeglang, bertemu dengan dokter bedah. Ternyata, disana Saroh tidak bisa ditangani dengan baik lantaran belum tersedianya kelengkapan fasilitas alat kesehatan. Sehingga pasien harus di rujuk ke RSUD Banten.

Yusuf kembali menerangkan, bahwa penanganan Saroh dilakukan terkoordinasi antara Pemkab Pandeglang dan Pemprov Banten yang melibatkan unsur bidan desa, TKSK, pemerintah kecamatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, RSUD Berkah Kab. Pandeglang, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, RSUD Banten dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten.

“Maka, tanggal 4 September 2018, Saroh penderita tumor berangkat ke RSUD Banten, menemui dokter bedah umum. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan darah, rongsen, dan CT Scan,” kata Yusuf.

Meski sempat menemui kendala namu sang pasien tetap dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah umum dan dokter spesialis anak lebih dahulu sebelum diambil tindakan medis lanjutan.

“Hasilnya, tim dokter sepakat untuk dilakukan operasi terhadap Saroh. Hari ini (kemarin,red) mulai dilakukan perawatan penderita tumor Saroh,” kata Yusuf.

Seperti diketahui, Saroh merupakan anak yatim piatu. Ayah dan ibunya sudah meninggal dunia sejak lahir.  Sebenarnya, benjolan pada bokong Saroh sudah ada sejak usia dua bulan.  Tetapi, karena kurang pengurusan benjolan tersebut membesar sejak usia tiga tahun .

Dan, kini penyakit yang diderita Saroh sedang dalam penanganan terkoordinasi antara Pemrpov Banten dan Pemkab Pandeglang. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...