Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bea Cukai Tangerang Ungkap Kasus Rokok Ilegal Berpita Palsu di Tangsel

0 26

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Bea Cukai Tangerang berhasil ungkap kasus peredaran 52 bal kemasan rokok ilegal dan berpita cukai palsu serta tidak berpita siap edar.

Aris Sudarminto, Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Tangerang mengatakan, pihaknya juga memergoki barang ilegal itu akan dipasok untuk dijual ke warung-warung kecil yang ada di wilayah Tangsel.

Kejadian bermula saat Arwono, supir minibus yang tengah membawa roko ilegal itu di Jalan Jati, Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (27/8/2018) lalu.

“Sebanyak 208.800 batang rokok ilegal itu dikemas menggunakan merk dagang Rolling dan Gudang Ganam Suriya 36 hitam dan putih,” ungkap terang Aris di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel, Kecamatan Pondok Aren, Rabu (24/10/2018).

Pelaku langsung diserahkan ke Kejari Tangsel. Apabila dikalkulasikan total kerugian negara dari barang bukti rokok ilegal itu mencapai Rp80 juta. Pelaku menjual atau menyediakan barang kena cukai yang tak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai Iainnya.

“Barang yang untuk dijual itu tak terdaftar di aplikasi Cukai DJBC. Hal itu berdampak pada penerimaan negara. Roko ilegal diketahui dipasok dari pira berinisial D di Bogor. Kasus ini nantinya akan dikembangkan,” cakapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 54 dan/atau Pasal 56 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

“Pelaku diancam hukuman kurungan penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun. Pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak sepuluh kali nilai cukai yang harus dibayar,” pungkas Aris. (hisyam/aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...