Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Progres Penambahan Jalur MRT Jakarta ke Tangsel Masuk Studi Kelayakan

0 32

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Kota Tangsel meminta supaya jalur mass rapid transit (MRT) Jakarta koridor Selatan-Utara diminta diteruskan sampai ke Tangerang Selatan (Tangsel).

Diakui Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat bahwa permintaan sarana transportasi perpanjangan trayek diminta langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

“Di dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), perpanjangannya bisa sampai ke Cikarang dan Balaraja untuk koridor Timur-Barat dan Tangsel untuk koridor Selatan,” kata Tuhiyat di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (26/10/2018) lalu.

Untuk itu pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyusul adanya usulan perpanjangan jalur MRT dari Pemkot Tangsel.

“Kami dari PT MRT Jakarta berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan BPJT setelah ada usulan itu,” kata Tuhiyat.

Dan sekarang pihak PT MRT Jakarta sedang melakukan pra feasibility study atau studi kelayakan. Dan diminta juga untuk segera dirampungkan. Namun demikian jalur yang diusulkan potensi akan bisa berubah mengacu kepada hasil studi kelayakan tersebut.

“Potensi jalur MRT akan bisa berubah dengan acuan hasil studi kelayakan yang akan dirampungkan akhir tahun 2018,” ucapnya.

BPTJ sendiri telah memberi usulan jalur mana yang akan dilewati untuk rute ini. Di dalam RITJ, awalnya perpanjangan dimulai dari stasiun terakhir di Lebak Bulus hingga menuju ke Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

“Tapi Ibu Wali Kota (Tangsel) minta dibelokkan ke arah BSD atau Puspitek, sampai ke Rawa Buntu dan Tangerang Kota,” tambah Tuhiyat.

Saat ini PT MRT Jakarta ditugaskan merampungkan pra studi kelayakan untuk mengetahui kelayakan jalur tersebut.

Setelah itu, penanggung jawab proyek kerja sama bisa diumumkan. Berbeda dengan fase I dan II, pendanaan proyek ini rencananya akan menggandeng swasta menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

Berikut urutan rute MRT Jakarta perpanjangan jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ yakni, Lebak Bulus, Stasiun UMJ, Stasiun UIN Syarif Hidayatullah, Stasiun Pasar Ciputat, Stasiun Pustekkom, Stasiun Pondok Cabe, Stasiun Pamulang Barat, Stasiun Pondok Benda, Stasiun Babakan, Stasiun Puspitek, Stasiun Rawa Buntu dan Tangerang Kota.  (abah)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...