Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kanwil Banten Minta Rutan Jambe Tingkatkan Fasilitas Pelayanan Kemanusiaan

0 17

TIGARAKSA,PenaMerdeka – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHam) Provinsi Banten meminta semua Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tangerang meningkatkan fasilitas pelayanan pemasyarakatan berbasis Hak Asasi Manusia.

Sutrisman, Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten mengatakan, pihaknya meminta semua Kepala Rutan dan Kepala Lapas di Banten menerapkan program itu. Pelayanan itu dalam rangka memberikan kenyamanan ke masyarakat.

”Kami harapkan kepada semua kepala menjalankan program prioritas fasilitas pelayanan kemanusiaan ini,” terang Sutrisman usai mengunjungi Rutan Klas 1 Tangerang.

Menurutnya, harus ada seperti ruang khusus tunggu disabilitas, Jalur Khusus disabilitas, dan Kamar hunian khusus bagi WBP Lanjut usia serta WBP yang mempunyai penyakit khusus.

”Saya melihat disini sudah ada empat failitas ruangan untuk masyarakat,” ujarnya.

Semua fasilitas ini kata dia, untuk mempermudah masyarakat yang anggota keluarganya di tahan di Rutan Klas 1 Tangerang. Jadi tak ada lagi masyarakat bicara dipersulit oleh petugas.

”Kami akan terapkan pelayanan kemanusiaan ini untuk memudahkan masyarakat,” tutur Sutrisman.

Sutrisman bergegas langsung menuju semua ruang tahanan narapidana. Sesampainya disana ia melihat kebersihan dan kesehatan para narapidana. ”Sudah kami cek cukup lumayan bersih ruangannya. Tetapi kami akan tetap pantau terus,” katanya.

Sementara itu, Dedy Cahyadi, Kepala Rumah Tahanan Kelas I Tangerang menyatakan, pihaknya akan terus berinovasi memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat.

”Kami akan terus perintahkan petugas agar masyakat di prioritaskan,” cakapnya.

Untuk kesiapanya, pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan sarana kunjungan untuk kelompok rentan dan berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, loket khusus, toilet khusus, Baby zone, layanan publik, free drinking water, free wife dan informasi layanan dalam bentuk audio visual.

”Mudah-mudahan fasilitas pelayanan yang kami berikan bermanfaat buat mereka,” pungkas Dedy. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...