Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tok! Rp4,9 Triliun APBD 2019 Kota Tangerang Disahkan

0 88

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – DPRD dan Pemerintah Kota Tangerang mengesahkan APBD 2019 dalam Rapat Paripurna Pengesahan Raperda APBD 2019 pada Jumat (16/11/2018) kemarin.

Hasilnya, APBD disahkan sebesar Rp4,9 triliun. Pengesahan itu ditandai dengan dibubuhkannya tanda tangan Arief R Wismanyah, Wali Kota Tangerang dengan Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi.

Arif menjelaskan dari sektor pendapatan, APBD Kota Tangerang 2019 dipatok senilai Rp4,22 Triliun yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,99 Triliun, dana perimbangan Rp 1,45 Triliun dan PAD yang sah sebesar Rp 774,09 Miliar.

“Sedangkan belanja daerah dianggarkan Rp4,9 Triliun yang terdiri dari belanja tak langsung sebesar Rp 1,62 Triliun dan belanja langsung sekitat Rp 3,27 Triliun,” terang Arief.

Menurutnya, penganggaran itu akan digunakan untuk menangani 6 urusan wajib pelayanan dasar, 18 urusan wajib non pelayanan dasar, 5 urusan pilihan serta 8 penunjang urusan.

“Dengan demikin ada defisit yang nilainya sebesar Rp679,65 Miliar yang ditutup dari pembiayaan itu,” kata Arief.

Kegiatan strategis yang bakal dibangun tahun 2019 dengan anggaran itu yakni peningkatan kualitas jalan, membangun kampung tematik, penanganan masalah kesejahteraan sosial, pendidikan gratis untuk SD dan SMP negeri atau swasta.

“Pembangunan ruang kelas, puskesmas dan beberapa program lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk memberikan Jabat Sehat UHC dan bedah rumah bagi rumah yang tidak layak huni,” jelasnya.

Sementara itu, Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang menambahkan, berkas pengesahan APBD 2019 itu telah ditandatangani. Berkas kemudian bakal diserahkan kepada Pemprov Banten.

“Kita sudah sahkan. Jadi nanti tinggal menunggu saja. Kita serahkan ke Provinsi, dievaluasi Provinsi. Lalu setelah itu dilembar daerahkan nah pada saat itu baru diimplementasikan,” tambah Suparmi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...