Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Masyarakat Diminta Lapor Bawaslu Kalau Temukan Spanduk Pilpres Tendensi SARA

0 67

JAKARTA,PenaMerdeka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta masyarakat supaya melaporkan temuan soal kampanye atau spanduk Pilpres 2019 bertendensi SARA.

Pasalnya, menyusul beberapa waktu lalu spanduk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memuat tagar ‘JKWBersamaPKI’ terpajang di kawasan Jakarta Pusat meskipun akhirnya spanduk kampanye Pilpres itu dicopot warga pada Selasa (4/12/2018) pagi.

Ratna Dewi Pettalolo Anggota Bawaslu RI mengemukakan sudah mendapatkan laporan terkait pemasangan spanduk yang disebutnya masuk ke unsur SARA.

Maka itu menurut Ratna, peran laporan masyarakat dibutuhkan mengantisipasi peristiwa serupa. Masyarakat jika melihat langsung proses pemasangan bisa langsung memfoto oknum tersebut.

“Kasus pemasangan spanduk yang di Tanah Abang itu belum ditemukan siapa yang memasang. Nah tentu kita butuh bantuan masyarakat untuk bisa menjadi bagian penting memastikan bahwa setiap orang itu tidak boleh melakukan upaya-upaya untuk menyebarluaskan isu SARA, upaya-upaya melakukan poltisasi SARA, ujaran kebencian,” kata Ratna dikutip dari detikcom, Jumat (7/12/2018).

Ia mengaku bahwa jajarannya setiap hari itu melakukan pengawasan aktif, mereka melihat, kemudian merekam kalau ada hal-hal yang berpotensi pelanggaran. Artinya melihat secara langsung di lapangan, mencatat kemudian mempelajari.

Seperti dikabarkan sebelumnya, spanduk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memuat tagar ‘JKWBersamaPKI’ hingga ‘2019 Tenggelamkan terpampang PKI’ di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Selain bertagar JKWBersamaPKI, tertera tagar lain dalam spanduk tersebut, yakni ‘PKIBerkedokPancasila’, ‘JKWHoakNasional JKWSontoloyoNasional’, ‘JKWGenderuwoNasional’. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...