Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Jadi Kepala BNPB, PR Doni Monardo Rehabilitasi Dampak Tsunami Selat Sunda

0 163

JAKARTA,PenaMerdeka –Letjen Doni Monardo langsung menghadapi sejumlah tugas berat setelah dikukuhkan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pekerjaan rehabilitasi dan pemulihan yang masih hangat diingat adalah peristiwa tsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten dan pantai di Lampung Selatan. Lalu Doni juga harus melanjutkan tugas rehabilitasi pascagempa di Sulteng.

“Banyak capaian dan prestasi BNPB selama kepemimpinan Pak Willem. Tentu semua itu bisa dilanjutkan dan dikembangkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Selasa (1/1/2019).

Sutopo melanjutkan, tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah.

“Pekerjaan lainnya adalah penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda, meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya. Jadi bukan darurat saja tapi juga pra bencana dan pascabencana,” kata Sutopo.

“Fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana,” sambung Sutopo.

Ia melanjutkan, semua yang dikerjakan BNPB telah diatur dalam UU No 24/2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Sutopo mengatakan, tugas menjadi Kepala BNPB tidaklah mudah. Sebab, Indonesia berada di wilayah yang rawan bencana secara geografis.

“Tidak mudah mengemban tugas sebagai kepala BNPB itu. Sebab bencana itu multi disiplin, multi sektor dan kompleks. Apalagi Indonesia berada di daerah ring of fire, daerah tropis, kepulauan dan sebagai laboratorium bencana. Bencana adalah keniscayaan,” kata Sutopo menegaskan.

Dan kata dia, peristiwa bencana alam yang berpotensi membahayakan manusia itu pasti akan terjadi bencana setiap tahunnya, rata-rata hampir 2.500 kejadian bencana setiap tahun.

“Jutaan masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana dengan kemampuan mitigasi yang masih minim,” pungkas Sutopo.

Dikabarkan, bahwa pihak Istana Kepresidenan memastikan tidak ada pelantikan Kepala BNPB oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini.

“Besok (Rabu, 2/1/2018) tidak ada pelantikan,” ujar Mensesneg Pratikno melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa (1/1/2019).

Sebelumnya dari informasi yang berhasil dihimpun, jadwal pelantikan Kepala BNPB rencananya akan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (2/1) pukul 09.00 WIB. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...