Gandeng Korsel, Pemkot Tangsel Bakal Sulap TPA Cipeucang Jadi PLTSa

0 331

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Menggandeng Korea Selatan (Korsel) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menyulap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang di Serpong menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel pada sebelumnya sudah bertemu Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman untuk membahas hal tersebut.

“Hasil kemarin dari pertemuan dengan Pak Menteri terkait percepatan penyelesaian Outline Business Case (OBC) dari pihak Korea Selatan,” terang Airin, Rabu (9/1/2019).

Airin menjelaskan, pihak dari Korea Selatan awalnya bakal melakukan penyelesaian studi kelayakan dan lainnya pada bulan April sesuai dengan timetable. Namun, mereka diperkirakan menyelesaikan lebih awal di akhir Februari atau Maret 2019.

“Mudah-mudahan bisa cepat selesai, sehingga masuk tahap lelang investasi PLTSa dan Groundbreaking serta penyelesaian pekerjaan PLTSa di TPA Cipeucang di tahun ini,” paparnya.

Pembangunan PLTSa ini juga merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018 soal Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Apabila pembangunan PLTSa berjalan sesuai rencana, maka Kota Tangerang Selatan akan menjadi satu dari 12 kota di Indonesia yang dipilih sebagai percontohan pengelolaan sampah berbasis PLTSa.

Untuk pembuangannya, Pemkot Tangsel sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor agar membuang sampah di TPA Nambo mulai tahun 2020 mendatang. Kota Tangse sendiri menghasilkan sampah lebih dari 250 ton setiap harinya. (yok)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...