Ads Helmi Halim

Nilai Akuntabilitas Kinerja Pemkab Bekasi Naik 0,95 Poin Pasca Bupati Diringkus KPK

0 251

BEKASI,PenaMerdeka – Nilai akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi naik 0,95 poin pasca Neneng Hassanah Yasin, Bupati Bekasi diringkus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti diketahui, Kepala daerah dan sejumlah pejabat di Pemerintahan Kabupaten Bekasi ditangkap KPK lantaran dugaan suap beberapa waktu lalu.

Namun, Kabupaten Bekasi tetap meraih predikat B (baik) dalam pengelolaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) tahun 2018 kemarin.

Bahkan, nilai yang diperoleh naik sebesar 0,95 poin dibanding tahun 2017 lalu. Saat 2017, nilai yang diperoleh hanha 61,79, sedangkan sekarang nilainya bertambah 62,74.

Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) ini diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Syarifudin kepada Uju, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi.

“Hasil yang diperoleh ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan langsung oleh tim dari Kementerian PAN dan RB langsung,” terang Uju, Jumat (1/2/2019).

Ia menjelaskan, walau poinnya naik dibanding 2017 lalu, capaian predikat tetap sama yaitu Baik. Hanya saja, dari segi skor ataupun bobot mengalami kenaikan.

Penilaian ini membuktikan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang dibandingkan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan.

“Masih banyak yang perlu ditingkatkan di dalam birokrasi, salah satunya akselerasi perencanaan, penganggaran, capaian kinerja, evaluasi kinerja serta pengukuran kinerja setiap tahun,” jelasnya.

Uju juga berharap, kenaikan skor ini dapat menjadi motivasi para aparatur di lingkungan Pemkab Bekasi untuk bekerja lebih giat, sehingga minimal poinnya bisa naik menjadi 70.

“Untuk mendapat predikat BB minimal harua mendapatkan nilai 70, syukur-syukur kita bisa dapat predikat A. Semoga aparatur bekerja lebih giat lagi,” harapnya. (ers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...