Ilmuan NASA Temukan Lubang Horor Seukuran 2/3 Manhattan di Antartika

0 2.504

WASHINGTON,PenaMerdeka – Ilmuwan NASA atau National Aeronautics and Space Administration Amerika Serikat (AS) menemukan lubang raksasa horor di bawah gletser di Antartika.

Yang lebih mengerikan lagi, rongga raksasa tersebut berukuran sekitar dua per tiga kota Manhattan.

Para peneliti mengatakan, lubang itu adalah penemuan yang “mengganggu”, dan menunjukkan tingkat “ledakan” di mana es mencair di benua paling selatan di planet ini.

“Ukuran rongga pada bawah gletser memainkan peran penting dalam pencairan,” terang Pietro Milillo dari Jet Propulsion Laboratory NASA dalam rilis berita oleh organisasi itu, Jumat (1/2/2019).

CBS News memberitakan, penemuan ini penting lantaran telah menggambarkan bahwa es Antartika tidak hanya meleleh di tepian yang menyentuh lautan, namun juga dari bawah lapisan es.

Lapisan es di Antartika Barat secara umum dianggap salah satu yang paling tidak stabil dan rentan.

Rongga raksasa miterius itu yang ditemukan para ilmuwan terletak di bagian bawah Gletser Thwaites di Antartika Barat.

Gletser pun sendiri ukurannya kira-kira sebesar negara bagian Florida. Menurut para ilmuwan, apabila gletser itu mencair sepenuhnya, maka menaikkan permukaan laut sekitar 2 kaki secara global.

Rongga itu pernah berisi sekitar 14 miliar ton es, yang sebagian besar diduga mencair dalam tiga tahun terakhir. Ilmuwan juga telah menghitung gletser yang mencair sudah berkontribusi sekitar 4 persen dari total kenaikan permukaan laut global.

Sementara itu, saat es kutub mencair, AS terpukul dengan suhu rendah yang tidak normal lantaran pusaran kutub, dengan suhu udara di ChiCago turun di bawah minus 20 derajat Fahrenheit. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...