China Menentang AS, Ruang Angkasa Jadi Medan Perang Baru

0 501

BEIJING,PenaMerdeka – Pemerintah China mengkritik Donald Trump Presiden Amerika Serikat (AS) yang memerintahkan militernya membentuk Komando Luar Angkasa. Beijing menegaskan sikapnya menentang upaya menjadikan ruang angkasa sebagai medan perang baru.

Seperti melansir dari AFP, kamis (20/12/2018), pada sebelumnya, Presiden Trump ingin Komando Luar Angkasa mengendalikan operasi militer di ruang angkasa.

“China secara konsisten mengusulkan penggunaan ruang angkasa untuk perdamaian dan menentang senjata di ruang angkasa dan kompetisi senjata di ruang angkasa,” terang Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

China juga menentang keras. Bahkan tidak hanya itu, ruang angkada bakal disulap menjadi medan perang terbaru.

PTrump memerintahkan pembentukan Komando Luar Angkasa atau SpaceCom, sebuah struktur organisasi baru dalam Pentagon yang bakal mempunyai kendali penuh atas operasi militer di ruang angkasa.

Dia menekankan bahwa langkah seperti itu sangat diperlukan untuk mengatasi kerentanan di luar angkasa dan untuk menegaskan dominasi AS di orbit.

Tetapi pembentukannya tidak mudah karena perlu disetujui oleh Kongres. Terlebih, Angkatan Luar Angkasa itu menimbulkan skeptisisme dari anggota parlemen dan pejabat pertahanan yang sudah waspada pembengkakan biaya dan penembahan birokrasi.

China sendiri sudah memperkuat kemampuan ruang angkasanya dalam beberapa tahun terakhir. Awal bulan ini, China meluncurkan sebuah rover ke sisi bulan, sebuah global pertama yang bisa meningkatkan ambisi Beijing untuk menjadi negara adikuasa. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...