Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Cicipan Gratis di Festival Durian Banten 2019, Rasa Mantap Lezat!

0 146

BANTEN,PenaMerdeka – Provinsi Banten dianggap sebagai daerah sentra durian. Melalui Dinas Pertanian, Pemprov Banten kembali menggelar Festival Durian dan Lomba Cipta Karya Durian Banten tahun 2019 di Kebun Hutan Kota, Nancang, Kota Serang pada Selasa (12/2/2019).

Tidak kurang dari 2000 butir durian habis sekejap dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan pengunjung yang datang ke festival.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid menyebut bahwa durian lokal Banten memiliki kualitas yang patut diperhitungkan dan mampu bersaing dengan durian lokal dari daerah lainnya.

“Banten sendiri memiliki tiga wilayah sentra penghasil durian yang variannya beragam dengan rasa yang mantap. Diantaranya di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang,” ucap Kadis, Rabu (13/2/2019).

Kata dia, saat ini terhitung ada sekitar 304 ribu pohon durian di Banten dengan jumlah panen lebih dari 400 kuintal durian.

“Khusus hari ini, ada 2000 butir durian yang dibagikan secara gratis kepada setiap pengunjung,” ucapnya.

Potensi ini, lanjut Agus, bisa menjadikan Banten sebagai daerah sentra durian sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani durian di Provinsi Banten.

Akan tetapi, diperlukan kesamaan persepsi dan gerak langkah khususnya jajaran stakeholder di daerah agar hal tersebut dapat terwujud.

Program yang perlu didorong untuk pengembangan komoditas buah durian diantaranya peningkatan nilai tambah produk pertanian, pengembangan sistem pemasaran buah durian, penyediaan sarana pengangkutan, dan pengembangan kemitraan.

Beberapa kabupaten yang telah disebutkan tersebut merupakan kabupaten di Provin Banten yang menghasilkan durian dan telah ditetapkan sebagai komoditas unggulan.

“Pada 2017 pula, Kabupaten Serang ditetapkan sebagai kabupaten durian. Prospek pengembangan agribisnis di provinsi banten di masa datang sangat menjanjikan karena didukung keadaan geografi dan strategis letak wilayah Banten yang dekat dengan ibukota Jakarta,” paparnya. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...