Bendungan Katulampa Siaga 3, Warga DKI Diimbau Waspada

JAKARTA,PenaMerdeka – Warga bantaran Sungai Ciliwung diimbau waspada banjir kiriman dari Bogor lantaran menyusul naiknya debit air di Bendung Katulampa.

Tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Katulampa, pada pukul 23.19 WIB malam ini sempat mencapai ketinggian 150 centimeter (cm) sehingga statusnya naik jadi Siaga 3.

Andi Sudirman, Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa mengatakan, sebanyak 276.246 liter air per detik mengalir di Sungai Ciliwung menuju Jakarta. Aliran air diprediksi akan tiba di di Jakarta dalam waktu sembilan jam ke depan.

“Warga diimbau yang tinggal di sepanjang aliran sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan debit air,” terang Andi Jumat (15/2/2019).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta dalam akun sosial medianya sudah menyampaikan peringatan dini soal meningkatnya status Bendung Katulampa.

Air kiriman diperkirkaan bakal tiba di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, pagi nanti atau 6-9 jam sejak peningkatan status Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 pukul 23.19 WIB.

Wilayah yang akan dilalui yaitu Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawa Jati, Bale Kambang, Pengadegan, Cikoko, Cililitan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Upaya yang sudah dilakukan adalah penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran sungai atas kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa (siaga 3) melalui sosial media.

Kemudian, pemberitahuan juga sudah disebad kepada camat dan lurah melalui grup WhatsApp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta. (deden)

Disarankan
Click To Comments