Gerindra Ads

Begini Tips Belorahraga Bagi Penderita Asma

0 267

JAKARTA,PenaMerdeka – Olahraga dinilai sangat penting untuk semua orang, terutama jika Anda penderita asma. Namun, untuk mereka yang mengalami gangguan pernapasa itu memang diperlukan kehati-hatian.

Masalah utama asma adalah sekresi di saluran udara bronkial menjadi tebal dan menempel pada dinding saluran udara paru-paru.

Hal ni pun lebih rumit dengan penyempitan saluran udara paru-paru. Sering kali, pasien harus dirawat di rumah sakit lantaran saluran udara menjadi tersumbat karena sekresi yang tebal.

Melansir dari The New Indian Express, jika mengalami sesak napas atau dada terasa berat, jangan pernah mencoba olahraga apapun.

Namun, yang terbaik adalah melakukan sejumlah latihan interval kecil yang teratur ketika tak menderita gejala apapun. Penguatan otot interkostal, otot pectoralis dan diafragma harus dilakukan.

Asma tidak pernah menjadi batasan untuk Anda berolahraga. Menjaga diri menjadi bugar secara fisik membantu mengatasi atau mengurangi intensitas penderitaan.

Praktik terbaik adalah pemanasan singkat selama 10 menit sebelum memulai latihan utama dan mempunyai fase pendinginan bertahap setelah latihan.

Pasien harus terhidrasi dengan baik sebelum memulai latihan untuk mencegah kekeringan pada saluran udara karena panas berkembang selama latihan.

Ingat! Jangan pernah juga melewatkan obat biasa atau menggunakan inhaler 10 hingga dengan 15 menit sebelum memulai olahraga. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...