Helmy Halim ads

Dongkrak Produktivitas Masyarakat Desa, Kemenperin Genjot Pemanfaatan AMMDes

0 204

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Guna mendongkrak produktivitas masyarakat desa, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus menggenjot pemanfaatan dan pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Menperin) mengatakan, kehadiran AMMDes ini sejalan dengan fokus pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Kami mendorong upaya membangun Indonesia dengan memperkuat daerah dan desa yang diwujudkan melalui pendekatan guna mengatasi ketimpangan dan mengembangkan potensi yang ada di pedesaan,” terang Airlangga di BSD Convention Center, Kota Tangerang Selatan, Senin (15/5/2019).

Ia menjelaskan, AMMDes merupakan produk modernisasi yang masuk dalam program kerja pemerintah. Dimana, alat multifungsi itu diharapkan meningkatkan produktivitas petani atau masyarakat pedesaan pada umumnya.

Kata Airlangga, alat untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di pedesaan itu telah melalui berbagai tahapan pengembangan dan uji coba. Saat ini, AMMDes telah diproduksi massal oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI).

PT KMWI memiliki kapasitas produksi sebanyak 3.000 unit per-tahun dan rencananya perusahaan bakal meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12.000 unit per tahun di 2020.

“Komponen lokal AMMDes lebih dari 70%. Untuk muatan penuh, bisa mencapai 700 kg dan variasi kemiringan 20-30 derajat. AMMDes diluncurkan karena melihat infrastruktur atau jalan desa. Sehingga bisa dimanfaatkan di jalan yang ekstrem,” tutup Menperin. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Zulfikar turut berduka
Disarankan
Loading...