Ads Helmi Halim

Gerakan Bumi Putra Banten Klaim 21 TPS di Kota Tangerang Kekurangan Ribuan Surat Suara

0 190

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – DPD Gerakan Bumi Putera Provinsi Banten mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang melaporkan temuan kekurangan ribuan surat suara di 21 TPS di Kota Tangerang.

Endang Suherman, Ketua DPD Gerakan Bumi Putera Provinsi Banten mengatakan, temuan tersebut berdasarkan pemantauan 4.000 anggotanya di Tangerang Raya selama aktivitas pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Dalam pemantauan, pihaknya menemukan 21 TPS di Kecamatan Cibodas dengan rincian 10 TPS di Kelurahan Uwung Jaya dan 11 TPS di Kelurahan Jatiuwung kekurangan ribuan surat suara jenis DPR RI saat pencoblosan 17 April.

“Kami melaporkan masih adanya TPS yang bermasalah yaitu di daerah Uwung Jaya kekurangan 753 surat suara DPR RI dan ada yang ketuker dapilnya serta di Jatiuwung kekurangan 1,629 surat suara DPR RI,” terang Endang, Rabu (24/4/2019).

Endang menjelaskan, permasalahan kekurangan surat suara yang dilaporkan oleh pihaknya bertujuan untuk melindungi hak pemilih dalam pemilu ini karena persoalan logistik.

“Masalah ini memang darurat karena kelelahan penyelenggara sehingga proses penyediaan logistik, pengantaran, dan dimungkinkan ada kekeliruan,” katanya.

Endang menambahkan, pihaknya mendorong Bawaslu untuk melakukan kajian dan mempertimbangkan apakah akan melakukan pemungutan suara ulang atau pemungutan suara susulan di TPS itu.

“Alhamdulillah laporan ditanggapi Bawaslu. Laporannya kita dikroscek dan akan dikaji. Kami ingin Bawaslu itu cepat menindaklanjuti laporan ini jangan sampai hak pemilih tidak terlayani. Kalau bicara hak kan ada kewajiban,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...