Sebut Dokter di Banten Masih Minim, WH Bakal Kucurkan Rp100 M ke FK Untirta

0 379

BANTEN,PenaMerdeka – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyebut tenaga dokter di Provinsi Banten masih tercatat minim. Pemprov Banten lantas bakal mengucurkan APBD hingga Rp 100 miliar untuk pengembangan fakultas kedokteran (FK) Untirta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Diberitakan sebelumnya, Banten saat ini masih mengalami krisis kekurangan tenaga medis khususnya bidang dokter hingga 500 orang.

Meskipun setiap tahun Pemprov Banten membuka seleksi CPNS untuk formasi dokter khususnya dokter spesialis, namun hingga sekarang jumlahnya belum signifikan memenuhi kebutuhan.

“Kalau butuh anggaran operasional, akan kami gelontorkan Rp 50 miliar kalau perlu Rp 100 miliar. Selain itu ada beasiswanya juga,” jelas mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI ini saat mengahadiri stadium general dan penyerahan keputusan Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran, di Kampus Untirta, Kota Serang, Jumat (10/5/2019).

Gubernur mengaku antusias diberikannya SK Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran di Untirta.

Sebab selain sangat membutuhkan tenaga kedokteran, kehadiran fakultas ini juga sebagai pelengkap memajukan fakultas yang sudah ada di Untirta.

“Selain dapat beasiswa, lulusannya bisa diangkat menjadi PNS Pemprov Banten sebagai bentuk kerjasama antara Pemprov dengan Untirta, asalkan usianya tidak lebih dari 35 tahun. Tapi kalau memungkinkan, khusus untuk dokter spesialis ini kita usulkan bisa diatas 36 tahun,”ujarnya

“Pak rektor datang ke saya untuk meminta bantuan konkret terkait pembangunan FK, ya saya siap sepenuhnya meningkatkan anggaran untuk pembangunan FK ini, terutama di tahun depan,” pungkas WH. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...