Kasak-kusuk Kalkulasi 4 Parpol Perebut Pimpinan DPRD Kota Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pleno rekapitulasi perolehan suara peserta pemilu di Kota Tangerang rampung digelar. Empat pemenang partai politik (Parpol) dan perolehan suara calon legislatif (Caleg) sudah diumumkan KPU. Tinggal melantik serta mengkalkukasi kandidat kuat calon pimpinan DPRD Kota Tangerang.

Seperti diketahui, Partai Politik (Parpol) yang memperoleh wakil rakyat terbanyak berhak menempatkan porsi pimpinan DPRD Kota Tangerang.

Soal siapa nama kandidat yang bakal menempati 1 kursi Ketua DPRD dan tiga Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang memang belum gamblang disodorkan Parpol.

Meskipun kasak-kusuk calon pimpinan wakil rakyat periode 2019-2024 sudah mulai terasa di empat besar internal partai masing-masing.

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tangerang di Pemilu 2019 mempertahankan 10 kursi DPRD Kota Tangerang. Otomatis sebagai Parpol berstatus pengumpul wakil rakyat terbanyak bakal mengisi jatah 1 kursi ketua.

“Dengan raihan 10 kursi memang yang pasti untuk Ketua DPRD akan jadi milik PDI-P,” kata Gatot Wibowo Ketua DPC PDI-P Kota Tangerang, dihubungi penamerdeka.com, Sabtu (25/5/2019).

Terkait dengan mekanisme menjadi Ketua DPRD ditentukan oleh DPP PDI-P. “Selain mendapat tugas dari DPC tetapi akan mendapat persetujuan dari DPP,” tukasnya.

Soal kandidat di internal partai berlambang banten moncong putih itu kata Gatot menegaskan, 10 caleg yang duduk di kursi DPRD tercatat sebagai calon.

“Kalau bicara kandidat ya ke sepuluh dewannya yang nanti kandidat juga. Semuanya juga kandidat,” kata Gatot.

Tetapi rekam jejak calon pimpinan akan menjadi pertimbangan DPP. Contohnya pungkas Gatot, soal pendidikan, pengalaman, disiplin loyalitas sebagai kader partai akan menjadi hal yang utama dan bakal dipertimbangan DPP PDI-P.

Gerindra Kota Tangerang di Pemilu 2019 mengalami peningkatan raihan jumlah kursi. Jika pada 2014 meraih 6 kursi kini di pemilu serentak 2019 mampu mendulang 8 kursi calon wakil rakyat. Otomatis akan mengisi 1 kursi calon pimpinan DPRD Kota Tangerang.

“Ya betul mas, Gerindra Kota Tangerang sekarang dapat 8 kursi dewan. Dalam 1 dapil ada yang memperoleh 2 caleg yang lolos jadi anggota DPRD. Memang di dapil lainnya tetap memperoleh 1 dewan,” kata Amarno Y Wiyono, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Tangerang dihubungi penamerdeka beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya siapa calon Wakil DPRD Kota Tangerang dari partai berlambang garuda menurutnya belum bisa dibeberkan saat ini. Karena sedang dalam proses penetapan dan pelantikan.

Sementara Menurut Tengku Iwan Ketua DPD PKS Kota Tangerang, partainya dalam Pemilu 2019 mampu mendulang 6 kursi wakil rakyat. Ada progres peningkatan pada periode 2014-2019 yang hanya mengantongi 4 kursi saja.

“Dapil 1 Tengku Iwan, Dapil 2 Syamsuri, Dapil 3 Hidayat, Dapil 4 mengirimkan dua wakil yakni Yatmi, Edi Suhendi. Serta dapil 5 ada Saeroji A Manan. Total ada 8 kursi dewan,” ucapnya.

Sampai saat ini PKS Kota Tangerang menurutnya belum menentukan 1 wakil untuk pimpinan. “Wakil ketua belum tahu siapa. Pelantikan aja kan belum,” ungkapnya.

Hanya saja nantinya kata Tengku dengan perwakilan anggota DPRD sebanyak 6 orang akan fokus mendorong program UKM yang harus dimaksimalkan.

“Apalagi Kota Tangerang bukan berjuluk kota 1000 industri lagi. Dan kemiskinan jadi masalah besar di Kota Tangerang
Pengamgguran juga jadi issu besar, Jadi SDM ditingkatin, UKM perbanyak,” tukasnya.

Sementara Golkar Kota Tangerang tetap akan menempatkan anggota fraksinya menjadi wakil pimpinan. Saat ini Golkar mampu mempertahankan perwakilan jumlah nggota dewan yakni sebanyak 6 kursi.

Hanya saja sepeninggal Hapipi politisi beringin karena mencalonkan ke tingkat provinsi, sudah pasti Wakil Ketua DPRD akan diambil dari internal fraksi Golkar yang lain. Karena sejumlah nama incumbent caleg Golkar juga melenggang ke DPRD Kota Tangerang. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments