Balada Manusia Gerobak Kota Tangerang Marak Setiap Jelang Lebaran

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang Lebaran 1440 H atau 2019 yang tinggal menghitung hari lagi, manusia gerobak atau pemulung musiman mulai marak di Kota Tangerang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Minggu (26/5/2019), manusia gerobak nampak berjejeran di trotoar jalan Veteran, Jalan TMP Taruna dan Jalan Mohammad Yamin.

Hendrik, salah seorang manusia gerobak, mengaku ia dan sang istri sengaja menunggu di trotoar pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri ini untuk mengharapkan tunjangan hari raya (THR) dari masyarakat.

“Saya memang setiap tahun begini. Nungguin ada yang ngasih rejeki dari masyarakat sekitar,” tutur pria asal Sumatra ini ditemani sejumlah kalangannya kepada penamerdeka.com, Minggu (26/5/2019)

Bahkan, Hendrik menambahkan, ia dan pemulung lainnya rela menginap di jalanan hanya dengan fasilitas kardus sebagai alasnya bak berkemahnya.

“Saya sudah tiga tahun di Kota Tangerang. Tapi kalau mau Lebaran nginep di trotoar jalan demi keluarga di kampung,” imbuh Hendrik.

Sementara, Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Tangerang Ghufron Falfeli menyatakan, pihaknya bakal melakukan penyisiran terhadap keberadaan manusia gerobak maupun pengemis.

Bahkan, kata Ghufron, pihaknya tidak tanggung-tanggung bakal menertibkan para pengemis apabila memang menggangu aktivitas masyarakat.

“Kita akan selalu sweeping dan sweeping terus. Kita sita kalau membandel, apalagi memang dinilai mengganggu aktivitas masyarakat,” tegasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE