Tinjau Arus Mudik Lebaran, Kapolri: Jangan Sampai Masyarakat Tersiksa Karena Macet

BANDUNG,PenaMerdeka – Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau arus mudik lebaran di Gerbang Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (31/5/2019).

Tito mengatakan, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi, perbandingan Operasi Ketupat Lodaya 2018 dengan 2019 dari sisi infrastruktur dan rekayasa lalu lintas sudah dilaksanakan dengan baik.

Contohnya, mengatasi kemacetan panjang dengan rekayasa lalu lintas one way dan juga contra flow. Tindakan ini seperti yang dilaksanakan 2018 menjadi rekor one way terpanjang lebih dari 200 km.

“Polri bekerja sama dengan pengelola tol untuk melaksanakan operasi kemanusiaan yaitu pembebasan biaya tol. Artinya, menomorduakan keuntungan sementara,” tuturnya.

Tito mengingatkan pun kembali tentang prinsip jangan sampai ada masyarakat yang tersiksa dikarenakan macet. Caranya adalah, menerapkan sistem jemput bola dari petugas tol apabila terjadi kemacetan panjang.

Tito berharap, pada 2019 ini anggota Polri melaksanakan patroli terhadap sarana dan prasarana yang ada serta menjalin kerja sama dengan pihak pengelola rest area supaya menyiapkan fasilitas kesehatan, tempat makan, suvenir, dan juga toilet mobile memadai.

“Hambatan akses tol menuju Jawa Tengah (Jateng) pada 2018 belum fungsional. Namun pada 2019, seluruh pembangunan tol menuju Jateng selesai yang menimbulkan dampak kecelakaan lalu lintas meningkat (faktor jalan).”

“Sehingga jalur tol, jalur pantura, dan jalur selatan untuk dipasang rambu-rambu lalu lintas dan kanalisasi tempat restoran, pasar, dan pangkalan yang mengakibatkan arus lalu lintas macet,” tandasnya. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments