Libur Idul Fitri, Masyarakat Tumpah Ruah ke Wisata Banten Lama

0 272

BANTEN,PenaMerdeka – Bukan hanya masyarakat Banten saja yang tumpah ruah mengunjungi kawasan wisata Banten Lama menyambut libur Idul Fitri 1440 hijriah.

Ternyata, pantauan pada hari terakhir libur Idul Fitri tidak sedikit warga Bogor, Jawa Barat dan bahkan dari pulau Sumatera tertarik menyambangi pesona wisata religi Banten Lama.

Amri (34) salah seorang warga asal Sumatera ketika ditemui mengaku memang sengaja bersama keluarganya mengunjungi Banten Lama.

“Kami mampir sejenak sebelum menyebrang ke pelabuhan Merak. Habis mengunjungi saudara di bilangan Cengkareng, Jakarta Barat, kebetulan dia tidak pulang kampung. Jadi sekarang gantian kita yang menyabanya. Tapi sudah jauh-jauh hari berencana supaya mampir ke Banten Lama,” ucap Amri kepada penamerdeka.com, Minggu (9/6/2019) petang.

Dia menjelaskan, ketertarikan keluarganya selain pada liburan lebaran kali ini telah melancong juga ke kawasan wisata Ancol, Jakarta, tetapi Banten Lama mempunyai sejarah Islam yang membuat terkesan masyarakat Palembang dan sekitarnya.

“Makanya sekarang kita mampir ke Banten Lama,” pungkasnya.

Usep Heriyadi, warga asal Bogor ini mengatakan, kedatangannya ke situs Banten Lama bersama keluarga dan tetangganya.

“Sultan Maulana Hasanudin sangat terkenal bagi sejarah Islam. Ada situs peninggalan sejarah yang masih bisa kita lihat. Ada benteng kesultanan, masjid Agung Banten Lama,” tukas Usep yang mengaku datang dengan lima kendaraan roda empat.

Apalagi saat ini kawasan Banten Lama sudah di revitalisasi. Sekarang sudah jauh lebih baik dan tertata. “Kami dengar dari pemberitaan sudah diperbaiki. Jadi kami bersama rombongan tertarik datang,” ucapnya.

Sementara pihak pengelola pada liburan Idul Fitri kali ini, untuk menampung wisatawan telah menambah area tempat parkir untuk kendaraan roda empat.

“Area parkir (yang baru,red) yang baru tiga hari ini dibuka mas. Karena jumlah pengunjung semakin banyak, tidak tertampung,” kata penunggu area parkir.

Dia menambahkan, sebelum puasa Ramadhan pun kawasan Banten Lama sudah banyak dikunjungi oleh santri yang sengaja datang ke Masjid Agung Banten Lama. (ersya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...