DLH Kota Tangsel Minta RT/RW Pengelola Sampah Koordinatif

0 198

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) soal sampah lingkungan menyebut harus dikelola koordinatif. DLH Kota Tangsel juga mengimbau Ketua RT/RW khusus mengelola sampah supaya melapor ke lurah setempat.

Pasalnya, menurut Kasie Pengelolaan Sampah DLH Tangsel, Rastra Yudhatama, dengan rujukan Peraturan Daerah (Perda) dimulai tingkat wilayah terendah yakni Lurah dan Camat hingga Walikota disebutkan sebagai pembina dalam pengelolaan sampah.

“Kita tidak melarang warga untuk pengelolaan sampah, namun harus dijalankan dengan benar dan termonitor DLH Tangsel melalui pengawas yang ada di setiap kelurahan,” jelas
Rastra Yudhatama ditemui di ruangannya, Kamis (25/7/2019).

Apalagi dalam Perda yang dikeluarkan Pemkot Tangsel itu, berkewajiban menyediakan dana dalam pengelolaan sampah yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Daerah).

Kasie Pengelolaan Sampah DLH Tangsel Rastra Yudhatama.

Rastra Yudhatama menambahkan, pengangkutan sampah di wilayah dan retribusinya haruslah sesuai Perda Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Retribusi Daerah.

“Maksudnya ada kejelasan pengangkutannya dari pihak swasta atau vendor mana dan dibuangnya kemana,” tutur Yudha.

Dia menambahkan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang resmi hanya ada di TPA Cipeucang yang memang dikelola langsung DLH Tangsel.

“Intinya dinas tidak menekan atau seolah-olah memaksa, tetapi semata-mata sesuai aturan dan peraturan yang ada di Tangsel,” ucapnya. (redaksi/sg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE