Operasi Patuh Kalimaya Polda Banten: Pengendara Mabuk Hingga Dibawah Umur

0 165

BANTEN,PenaMerdeka – Hari pertama diberlakukannya Operasi Patuh Kalimaya 2019 Polda Banten dilaksanakan Kamis (29/8/2019) di depan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) sejak pukul 16.00 WIB.

Diketahui berdasarkan data yang dihimpun, bahwa pengendara roda dua dibawah umur mendominasi kasus pengendara yang tidak menggunakan kelengkapan terutama helm berlogo SNI.

Menurut Kabag Ops Ditlantas Polda Banten AKBP Hamdani Yoes H di hari pertama operasi berjalan lancar tanpa hambat dan telah sesuai dengan SOP yang berlaku.

Dari pantauan sementara, pelanggar banyak didominasi kendaraan roda dua yang dikendarai anak usia dibawah umur dengan jenis pelanggaran tidak menggunakan helm berlogo SNI.

“Banyak yang nggak pakai helm SNI, dibawah umur, dan melawan arus. Untuk jenis kendaraan, kami periksa semua baik itu roda dua atau roda empat. Karena roda empat juga cukup banyak yang melanggar,” jelasnya

Pelanggaran yang dilakukan kendaraan roda empat, lanjutnya, didominasi dengan jenis ketidakpatuhan menggunakan safety belt (sabuk pengaman), mengoperasikan telefon genggam saat berkendara, dan surat kelengkapan yang belum teregistrasi.

“Termasuk berkendara saat mabuk dan mengebut juga sama kita tindak. Karena itu juga potensi yang menyebabkan terjadinya kecelakan. Awal mula kecelakaan kan dari pelanggaran,” jelasnya

Ia menambahkan, pemilihan lokasi di KP3B juga bertujuan untuk menguji kepatuhan para aparatur pemerintah khususnya yang bekerja di KP3B.

Hasilnya, pada hari pertama operasi sebanyak 80 persen ASN patuh dan tertib administrasi.

Selain itu, KP3B juga menjadi tempat strategis bagi para pengendara yang kurang memperhatikan kepatuhan, serta lokasi yang luas sehingga operasi dapat dilakukan dengan leluasa. (rd)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE