Ini Makanan yang Dapat Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

0 607

NEW DELHI,PenaMerdeka – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan yang diberikan oleh darah pada pembuluh darah melebihi dari kisaran normal.

Saat ini, hipertensi menjadi penyakit yang sangat umum dan harus dicatat tekanan darah tinggi sering tidak menunjukkan gejala yang khas.

“Hipertensi apabila tidak diobati atau tak dikelola bisameningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke,” tutur ahli gizi Nmami Agarwal, pendiri & CEO, Nmami Life.

Dijelaskannya, diet yang tepat dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi dengan atau tanpa obat.

Sementara, Nmami menjelaskan terdapat makanan yang membantu menurunkan tekanan darah. Berikut ulasannya seperti melansir The Indian Express;

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada, atau sawi adalah sumber nitrat yang kaya. Hanya satu atau dua porsi sayuran kaya nitrat dapat mengurangi hipertensi hingga 24 jam.

2. Ubi jalar

Ubi jalar jelas merupakan salah satu makanan super terbaik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Ini secara alami kaya serat ramah tekanan darah dan merupakan sumber yang sangat baik dari dua mineral penting – magnesium dan kalium. Mineral-mineral ini membantu mengatur tingkat tekanan darah secara besar-besaran.

3. Pisang

Pisang adalah sumber kalium makanan yang sangat baik, mineral yang membantu mengatur tingkat tekanan darah. Sesuai dengan studi ilmiah, makan dua pisang sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE