DPR Desak Pemerintah Edukasi Masyarakat Soal Mitigasi Bencana

0 109

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mendesak pemeritah mengedukasi masyarakat tentang mitigasi bencana. Menurutnya, saat dia meninjau korban banjir, masyarakat terkesan tidak memahami bagaimana menghadapi bencana.

“Ketika kunjungan dengan Pak Menteri Sosial meninjau banjir di Jakarta, saya kecewa. Masyarakat tidak memiliki edukasi tentang kebencanaan yang kuat. Manajemen kebencanaannya itu menurut saya sangat mengerikan,” jelasnya, Rabu (15/1/2020).

Ace menceritakan pengalamannya saat mengunjungi korban banjir. Dia melihat para korban itu seolah enggan dievakuasi, dan memilih bertahan di rumah yang tenggelam. Menurutnya itu disebabkan karena masyarakat tidak paham bagaimana mitigasi bencana.

“Edukasi soal kebencanaan ini sekalipun di daerah yang selama ini menjadi titik bencana yang setiap hujan curah tinggi, itu sama sekali tidak memiliki manajemen kebencanaan seperti kita harapkan,” kata politikus Golkar ini.

Ace sangat prihatin terhadap korban banjir yang seolah tidak tertangani. Dia mempertanyakan siapa yang paling bertanggungjawab atas hal itu, BPBD atau Dinas Sosial.

“Saya tidak tahu apakah kita relevan untuk menyalahkan BPBD atau menyalahkan Dinas Sosial. Tetapi yang jelas memang kita tidak memiliki manajemen kebencanaan yang betul-betul memiliki protap yang jelas,” imbuhnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...