Wakil Ketua DPRD DKI Sepakat Tak Gelar Formula E di Monas

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani sepakat jika area Monumen Nasional (Monas) tidak digunakan untuk ajang balap Formula E. Menurutnya, Monas merupakan situs sejarah yang harus dijaga kelestariannya.

Zita mencontohkan gelaran Formula E di Perancis. Di sana, katanya, balapan tidak digelar di area Menara Eiffel yang notabene situs sejarah.

“Di Paris kan ada menara Eiffel tapi ga dipake buat balapan juga. Tetap ada Formula E, tapi tempatnya ga di Monas. Karena itu kan situs penting, bersejarah,” kata Zita di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (6/2).

Lebih lanjut dia menjelaskan, penyelenggaraan Formula E memang lazimnya digelar di jalan raya. Saat di Paris, jalan yang dijadikan lintasan balap memiliki panjang 1,94 km dan memiliki 14 belokan.

Pebalap melintasi jalan di sekitar kompleks Les Invalides, Museum Musée de l’Armée dan makam Napoleon. Pit stop terletak di sepanjang jalan Esplanade des Invalides, sebelah utara Les Invalides.

Sebelumnya, Pemprov DKI mengusulkan sisi selatan Monas sebagai pit stop dalam Formula E. Namun usulan itu ditolak Kemensetneg dengan alasan Monas merupakan area cagar budaya sejarah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...