HUT RI 76

WNI Tertular Virus Corona Gara-gara Berdansa Dengan WNA Jepang

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa WNI berusia 31 tahun tertular virus corona usai berdansa dengan WNA Jepang. Menurutnya, wanita itu merupakan seorang guru dansa.

“Kenanya karena dia guru dansa, dan dia berdansa dengan teman dekatnya itu (WN Jepang), tanggal 14 Februari itu kalau enggak salah,” kata Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Terawan menceritakan kronologis wanita itu terjangkit virus corona. Usai berdansa dengan WNA Jepang, wanita itu mengeluhkan batuk-batuk dan kondisi tubuhnya menurun, sehingga harus menjalani rawat jalan.

“Kemudian tanggal 26 Februari, dia minta dirawat ajalah kok batuknya nggak hilang-hilang, sesak, dan agak demam dikit. Kemudian dirawat,” katanya.

Kemudian, pada 28 Februari, wanita tersebut mendapatkan telefon dari temannya warga negara Jepang tersebut. Saat itu, diberitahu bahwa warga Jepang dirawat di rumah sakit Malaysia dan terkena positif virus Korona.

Akhirnya, setelah memberitahu bahwa temannya usai berdansa positif terpapar virus Korona ke tim dokter, wanita tersebut pun dilarikan ke RSPI Saroso untuk diperiksa lebih lanjut pada tanggal 1 Maret 2020.

“Dirawat di sini tanggal 1, langsung melalukan cek. Hasilnya tadi pagi, saya diberitahu maka tracking sudah jalan, sehingga si pasien cewek ini bersama ibunya, dua-duanya dicek. Saat ini kondisinya baik, batuk sekali-kali,” tutupnya.

Terawan tidak menyebutkan di mana rumah sakit tempat wanita itu dirawat sebelum akhirnya dirujuk ke RSIP Sulianti Saroso. (rur)

Disarankan
Click To Comments