Ramadhan Kab Bekasi

Miris! Mess Tenaga Medis RSUD Banten Memprihatinkan

0

SERANG,PenaMerdeka – Anggota Komisi V DPRD Banten menyoroti tempat karantina atau mess bagi tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten. Pasalnya, kondisi fasilitas kamar karantina dinilai sangat memprihatinkan.

Anggota komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan saat melakukan sidak di Pendopo Lama pada Rabu malam (1/4/2020) kemarin mengungkapkan, jika fasilitas kamar tim medis belum layak.

“Tadikan setwlah dicek hanya disediakan kasur yang diletakkan di atas lantai.
Tidak hanya itu, dari delapan kamar yang ada, mayoritas kamar diisi oleh lebih dari 8 orang dengan posisi berdesak-desakan tanpa memperhatiakan faktor social distancing. Bahkan ada satu kamar besar diisi oleh 24 orang sekaligus,” katanya, Kamis (2/3/2020).

Padahal, Pihak Pemprov Banten sempat mengungkap bahwa fasilitas mess tenaga medis di Pendopo Lama Gubernur Banten itu setara dengan hotel bintang lima.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan mencarikan tempat tinggal atau tempat karantina lainnya untuk tenaga medis Covid- 19 Banten.

“Saya segera carikan lagi tempat untuk tempat karantina tenaga medis,” ujar Gubernur Banten kepada awak media. (2/4/2020)

WH mengatakan, secara tempat Rumah Dinas Gubernur di Pendopo Lama yang dijadikan tempat karantina Tim Medis secara bangunan sudah sangat layak, tetapi kamar untuk menampung tenaga medis masih kurang cukup kamarnya, selain tenaga medis yang minat tinggal di karantina pun semakin bertambah.

“Insya Allah secepatnya, sabar dulu. Hotel tidak ada yang mau jadi tempat karantina. Kalau mau sudah dari awal di tempatkan di Hotel”, tambahnya.

Gubernur WH juga menjelaskan jika awalnya yang akan digunakan adalah Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten.

“Di Gedung BPSDM lebih banyak kamarnya dan biasa dipakai pejabat ikut Diklatpim, tapi kejauhan akhirnya dibatalkan,” tambahnya.

Sampai dengan saat ini, sudah tercatat sebanyak 127 pegawai RSUD Banten yang terdiri dari 121 petugas kesehatan dan 6 dokter spesialis yang bertugas dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Provinsi Banten, secara bergantian menggunakan fasilitas yang ada di Pendopo Lama. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...