HUT RI 76

Ratusan Penumpang KRL di Stasiun Bekasi Jalani Tes Swab

BEKASI,PenaMerdeka – Ratusan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) menjalani tes swab untuk mendeteksi Covid-19 di Stasiun Bekasi, Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa, (5/5/2020).

Tes yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) tercatat 300 sampel tes swab yang diambil ke penumpang.

Tes dilakukan di halaman pintu masuk utara dan selatan Stasiun Bekasi. Penumpang yang baru tiba stasiun diarahkan mengikuti proses pengambilan sampel tes swab.

Proses tes swab ini berlangsung cukup cepat, penumpang hanya diminta mendaftar dengan mengisi data indentitas diri dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

Setelah mengisi data diri, mereka langsung menuju meja pemeriksaan dengan dua petugas yang berjaga.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, nanti penumpang akan langsung diambil sampel dahaknya menggunakan alat yang dimasukkan melalui lubang hidung.

Selanjutnya, sampel dahak setiap penumpang dimasukkan ke dalam tabung kecil yang nantinya akan diuji laboratorium menggunakan PCR.

“Kita siapkan 300 di stasiun Bekasi ini dan kita menyiapkan juga di tujuh titik pergerakan kendaraan yang berbatasan dengan DKI, berbatasan dengan kabupaten Bekasi,” kata Rahmat.

Dia menambahkan, tes swab ini dilakukan secara acak bagi penumpang. Mereka yang bukan ber-KTP (kartu tanda penduduk) Kota Bekasi tetap bisa mengikuti tes tersebut.

“Karena di stasiun Bekasi ini juga datang dari Bekasi Utara, dari tambun. Ini nanti kita setelah kita mengetahui misalnya dari kabupaten Bekasi kota laporkan ke Bupati,” tukasnya. (ewwy)

Disarankan
Click To Comments