Warga Kota Tangerang Diimbau Shalat Ied di Rumah, Boleh di Masjid Asal Perhatikan Ini!

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Warga Kota Tangerang diimbau melaksanakan ibadah shalat Ied di rumah saja. Hal itu mengingat, pandemi covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhirnya.

Terlebih, saat ini merupakan upaya dalam memutus penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua MUI Kota Tangerang, Ahmad Baijuri Khotib. Menurutnya, himbauan ini penting dijalankan oleh seluruh masyarakat lantaran saat ini Kota Tangerang menjadi wilayah Zona merah penyebaran covid-19.

“Dan dipermudah saja, kalau tidak bisa khotbah yasudah solat ied biasa saja dengan niat 2 rakaat selesai. Dipermudah jangan dipersulit tetap standartnya begitu. Karena tingkat kakhawatiran kita besar takut membeludak jadi sulit untuk mengatur protokol kesehatan,” papar Ahmad kepada wartawan usai melaksanakan rapat koordinasi solat ied di kantor MUI Kota Tangerang, Senin, (18/5/2020).

Kendati demikian, MUI Kota Tangerang juga mempersilahkan bagi umat muslim di Kota Tangerang untuk tetap melaksanakan solat ied. Dengan catatan memperhatikan protokol keasehatan. Kemudian wilayahnya masuk dalam zona aman.

“Kita minta agar diatur pelaksanannya, seperti pakai masker, physical distancing, bawa sajasah sendiri. Lalu dipecah jangan terjadi penumpukkan. Dipecah solat di masjid atau musala lainnya,” kata Ahmad.

MUI Kota Tangerang, kata Ahmad memaklumi umat muslim yang telah lama merindukan solat berjamaah. Apalagi solat ied hanya 1 tahun sekali. “Karena sudah 2 bulan ini berjalan. Ada semacam kerinduan yang mendalam,” imbuhnya.

Oleh karenanya, MUI Kota Tangerang meminta kepada seluruh Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) untuk melaporkan ihwal kegiatan solat ied diwilayahnya masing-masing. Hal ini penting agar pelaksanaan terpantau.

“Kalau masjid yang dipastikan tidak mengadakan sholat ied yakni Masjid Al-Adzom dan Masjid Agung di pasar lama. Lalu masjid-masjid yang ada di pinggir jalan. Kalau yang berada di dalam wilayah seperti diperkampung atau komplek masih kita pertimbangkan,” jelas Ahmad.

Hal senada diungkapkan oleh ketua Nahdatul Ulama (NU) Kota Tangerang, Dedi Mahfudin. Menurutnya animo pelaksanaan solat ied di Kota Tangerang sangat besar. Pihaknya pun tidak dapat membentuk keinginan tersebut.

“Kita hanya bisa menghimbau untuk solat ied dirumah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan saat solat ied. Kami sepakat karena masih dalam PSBB,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...