Mahfud MD Sebut 100 Persen Pasien Covid-19 di RSKI Pulau Galang Sembuh

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebutkan, 100 persen pasien yang dirawat di RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau sembuh.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat meninjau RSKI Pulau Galang bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kamis (4/06/2020).

“100 persen pasien di sini sembuh, belum ada yang meninggal, apa kuncinya, salah satunya orang sakit itu jangan dibuat stres, pikirannya dibuat tenang, disuruh bergembira, sembuh, ketika dia ketakutan dan stres, imunitasnya turun, di situlah virus itu bekerja,” ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

Selain itu, Mahfud MD menegaskan, pembangunan RSKI Pulau Galang merupakan bukti komitmen pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

RSKI Pulau Galang telah dipersiapkan sejak awal Februari 2020. Rumah
sakit darurat itu mulai beroperasi pada April 2020.

“Jadi tepatnya pada akhir Desember 2019 penyakit Corona Virus ini meledak di Wuhan, sampai akhirnya tanggal 23 Januari Wuhan di-lockdown, 23 Januari dunia kaget tapi belum banyak yang melakukan tindakan yang masif, tetapi kita, tanggal 28 Januari saya bersama Pak Tito rapat di kabinet sudah membicara mengenai penyakit di Wuhan,” kata dia.

RSKI Pulau Galang dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pembangunan Fasilitas Observasi dan Penampungan dalam Penanggulangan Covid-19 atau Penyakit Infeksi Emerging di Pulau Galang.

Hadirnya perpres ini menandakan keseriusan pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19. (rur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...