Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Tips-tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Prima Jelang New Normal

JAKARTA,PenaMerdeka – Indonesia sebentar lagi mulai memasuki era new normal atau normal baru setelah di beberapa daerah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama tiga bulan lebih.

Meski saat ini virus corona belum menghilang, pemerintah secara bertahap sudah memberlakukan masa transisi normal baru per Juni 2020.

Normal baru merupakan kehidupan baru yang harus dijalani masyarakat, dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19.

Normal baru akan melahirkan kebiasaan baru yang terbangun, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, hingga menghindari kerumunan dan jaga jarak.

Ini dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menekan penyebaran virus corona. Masyarakat juga harus menghindari perkumpulan massa, menjaga jarak, dan tidak menjalin kontak langsung dengan orang tak dikenal.

Selain itu, agar terhindar dari virus corona, masyarakat juga harus tetap menjaga kesehatan dengan kondisi tubuh yang bugar dan prima.

Hal ini memang tidak mudah dimana secara sosial, masyarakat pasti akan mengalami suatu bentuk new normal, yang mana harus beradapatasi dalam beraktivitas sehari-hari.

“Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku yang baru ketika pandemi, yang kemudian akan dibawa terus ke depannya hingga ditemukannya vaksin untuk Covid-19,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita.

Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Terpenting tentu menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini. Berikut empat langkah yang bisa dilakukan, agar tubuh tetap dalam kondisi prima:

1. Olahraga

Seperti kita tahu, olahraga diyakini mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit.

Tetapi, aktivitas fisik tersebut harus dilakukan dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk itu masyarakat disarankan untuk tak melakukan olahraga secara berlebihan. Karena menurut penelitian, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dengan intensitas yang tinggi justru bisa menurunkan imunitas tubuh yang membuatnya rentan terserang penyakit.

2. Tidak stres

Stress diketahui bisa menurunkan daya tahan tubuh seseorang.

Karena itu, usahakan untuk tetap melakukan menejemen stres. Ada baiknya kita tidak mudah percaya dengan informasi yang tersebar di berbagai media, terutama media sosial yang kerap menyebarkan berita hoax.

Buat kamu yang bekerja dari rumah, ada baiknya untuk tak melupakan istirahat. Pasalnya, bekerja terlalu keras akan membuatmu menjadi stres yang berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh pun menurun, dan virus akan mudah menyerang tubuh.

3. Jaga asupan

Di masa pandemi dan bekerja dari rumah ini, kita tentu memiliki banyak waktu untuk belajar mengolah makanan sendiri yang tentu lebih sehat dan higienis.

Ada baiknya, kamu juga memerhatikan kandungan gizi seimbang dari makanan yang dimasak.

Konsumsi lah karbohidrat moderat, beberapa produk susu, protein, dan buah-sayur untuk asupan vitamin C yang cukup.

Konsumsi makanan bergizi akan berdampak baik pada tingkat energi dan produktivitas. Untuk itu, kita harus rajin memilih makanan yang baik untuk tubuh.

Misalnya, lebih memilih makanan rumah dibanding makanan cepat saji yang dibeli di luar.

Kemudian, memilih minuman yang yang memiliki manfaat ganda karena kandungan rempah-rempahnya, misalnya Torabika Jahe Susu yang mengandung Jahe Merah asli.

Seperti yang kita tahu, jahe merah mengandung curcumin yang berguna untuk antivirus Corona. Di sisi lain, mengonsumsi kopi juga dapat meningkatkan produktivitas kegiatan sehari-hari bila dikonsumsi dengan takaran yang pas.

4. Selalu membawa kit anti corona

Bila sudah mulai bekerja dan beraktifitas di luar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa kit anti-corona yang mudah dimasukkan ke dalam tas.

Yaitu kit berisi benda-benda yang setidaknya bisa meminimalisir penularan virus corona. Seperti, masker, hand sanitizer, sabun antiseptik, dan tisu basah. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...